Author Topic: Ternyata Mengakses Buku-buku BSE itu Mudah !  (Read 4047 times)

Offlinesatyana

Jr. Member

Ternyata Mengakses Buku-buku BSE itu Mudah !
| November 07, 2014, 10:51:02 AM
Ternyata Mengakses Buku-buku BSE itu Mudah !

Oleh : Gita Ardeny
sumber :
http://walk-path.blogspot.com/2014/11/ternyata-bse-itu-mudah.html



Tadi, saat pelajaran bahasa Inggris (setelah pembagian LKS), ada salah satu komentar teman saya yang sukses membuat saya penasaran. Komentarnya itu sederhana sebenarnya, "Kenapa ya kok LKS yang tersambung internet itu mahal?" katanya. Awalnya saya biasa saja. Alasan pertama yang muncul di kepala saya adalah, "Entahlah. Bukannya harganya memang seperti itu?" maksudku, kupikir itu terserah orang yang menjual.

Lalu kemudian ketika sampai di rumah tiba-tiba terpikir. "Iya ya. Rata-rata buku yang tersambung ke internet itu lebih mahal dari yang biasa. Tapi kenapa?" Dan pertanyaan itu belum terjawab.

Karena pertanyaan itu, dengan seenaknya saya membuat asumsi pada diri saya sendiri. Buku yang tersambung internet itu mungkin buku yang supaya mudah dijangkau banyak orang. Itu artinya internet digunakan untuk distribusi juga ya? Jangan-jangan di internet itu filenya juga suruh beli, dan jangan-jangan malah lebih mahal. Hadeeh...

Belum sampai di situ, tiba-tiba saya teringat dengan teman saya yang mempunyai buku fisika yang baru (kurikulum 2013 juga kalau tidak salah). Katanya harganya hampir Rp. 100,000,00 (seratus ribu). Wah, bayangkan itu. Bagaimana yang di online coba?

Hingga, oh, sehingga pada akhirnya saya dengan isengnya coba mencari di internet. Seingat saya, seseorang (kalau bukan teman ya guru) pernah bilang kalau buku paket yang kami gunakan itu ada di internet. Jadi, kalau buku paket belum ada ya kita bisa langsung download saja. Gratis, cuma modal kuota internet. Tapi sayangnya saya kurang yakin. Jadi, saya dengan iseng dan keingintahuan saya mencoba untuk membuktikannya. (ea!)

Saya mengetikkan "download BSE k-13" di kotak search google. Yang keluar ternyata cukup banyak macamnya (biasalah si mbah google. Pengetahuannya terlalu luas, jadi opsinya banyak). Tapi, alhamdulillah ketemu website aslinya.

Awalnya pas liat halaman awal itu seperti "Wuih... Keren! Tampilannya simple tapi fresh." terus ada juga gambar buku yang isinya: buku kurikulum 2013, buku elektronik apa gitu , kpk, dll. Lalu saya klik yang k-13. Beberapa saat kemudian (setelah nunggu internet loading yang rada lemot) di sana ada hampir semua folder berisi kelas, dimana ketika diklik nanti langsung muncul ikon buku mapel yang berbeda. Saya sedikit takjub. "Subhanallah, lengkap..." gumam saya. Kemudian saya coba download buku yang matematika.

Pas saya klik untuk mendownload itu, mula-mula tidak ada yang terjadi. Spontan saja saya klik lagi. Harapan saya sih bisa mendownload dengan gratis. Tapi mungkin karena koneksi internet saya yang sedikit... Entahlah bagaimana mendeskripsikannya, tiba-tiba di download-an itu ada dua file sama yang sedang menunggu beberapa detik lagi untuk menuntaskan download. Pas itu, saya sedikit bingung. "Loh, udah? Gitu aja?" kata saya. Sebelumnya sempat tidak percaya, "Jangan-jangan yang kedownload cuma sampulnya." pikir saya. Tapi setelah saya teliti ternyats lengkap. Wah, simple sekali BSE ini! Gampang dan gratis lagi. Cuma modal internet.

Okay, rasa penasaran saya terobati untuk sesaat. Sampai kemudian rasa penasaran itu muncul lagi begitu mendapati ada semacam icon yang menunjukkan kalau BSE bisa diunduh lewat aplikasi di hape, lewat play store. Canggih!

Saya coba download. Terus terang, saya tidak begitu tahu aplikasinya apa, jadi saya hanya menulis "BSE" di kotak search. Tidak begitu lama, ada aplikasi berjudul "Buku BSE" di daftar pertama. Saya yakin pasti itu aplikasinya, berhubung yang di bawahnya itu ada aplikasi dengan tulisan "BSE India..." yang saya tidak yakin aplikasi apa itu.

Selesai didownload, saya coba buka aplikasinya. Ternyata susunan direksi (atau apalah namanya) sama seperti yang di website biasa. Tapi kali ini saya coba mendownload buku prakarya berhubung mapel prakarya saya tidak ada buku paketnya. Dan... Voila! Tidak sampai bermenit-menit, apalagi berjam-jam, si buku sudah masuk file download secepat kilat, mudah, dan sederhana.

Ternyata praduga saya salah. BSE itu lebih mudah dan murah. Saya senang. Jadi, suatu hari kalau bukunya belum datang, atau adik saya butuh buku-buku k-13 atau lainnya, bisa saya cari di BSE. Top dah! Top pokoknya... Ga usah repot bin bingung kesana kemari, buku yang dicari (selama ada tulisan BSE di bukunya) bisa dicari di website BSE..
« Last Edit: November 07, 2014, 10:56:39 AM by satyana »