Author Topic: Sekolahku Maju Berkat Fasilitas BSE yang Mudah Diunduh, oleh Resa Utami  (Read 3908 times)

Offlinemahoni

Global Moderator

Sr. Member

Sekolahku Maju Berkat  Fasilitas BSE yang Mudah Diunduh


ilustrasi gambar

    Mts adalah masa dimana aku baru mengenali dunia internet, dunia maya, dan segala kekayaan yang ada didalam kemajuan tekhnologi saat ini. Tak pernah terpikir sebelumnya bahwa buku-buku paket acuan anak-anak sekolah  itu bisa dibawa kemana-mana tanpa takut beban yang berat dan kantong yang menipis akibatharga buku yang saat itu lumayan dan butuh waktu lama untuk menabung dari sisa uang jajan anak SD saat itu. aku baru tahu yang namanya BSE itu disini, dibangku MTs. Dulu, sebelum menginjak kelas 7, wawasan ku sangatlah minim dan awam terhadap beberapa proses pembelajaran, mungkin karena diriku yang hanya tinggal di pedesaan yang cukup jauh dengan kota, begitu pula lokasi SD ku yang #Mewah alias mepet di tengah sawah,, hehe..

    Kata BSE sudah tidak asing lagi di telingaku, mata yang terbiasa melihat secara tidak langsung ke pojok kiri atas buku paket yang dipinjam dari sekolah bertulisakan demikian. Tapi yang saya baru ngeuh sekarang, kepanjangan BSE itu adalah Buku Sekolah Elektronik , tapi dari mana unsur elektroniknya? Benar-benar tidak mengerti dengan makna itu, karena guru SD ku hanya menjelaskan bahwa jika bertuliskan BSE berarti itu buku dari pemerintah. Barulah di Mts guruku merekomendasikan kepadaku dan 36 rekan seperjuangan  untuk mengunduh buku paket dari internet, karena buku di perpustakaan sekolah kami yang terbatas dan untuk melengkapi materi yang diberikan dari LKS. Ohh ini toh sisi elektronika nya.  Aku ini suka sesuatu yang berbau ilmu, apalagi buku-buku di BSE bisa didapat dengan biaya 3000 untuk ongkos mengunduh. Puluhan buku saya unduh, tidak hanya pada tingkat yang saya duduki saat itu (kelas 8) tapi juga buku-buku kelas 9 untuk persiapan Ujian Nasional. Hmm.. sayangnya puluhan buku itu hanya tersimpan di flashdisk ku, karena ternyata komputer yang ku miliki tidak ada aplikasi reder untuk pdf, karena tak punya modem untuk mengunduh aplikasinya dan juga tidak tahu bagaimana caranya. Kuputuskan untuk membukanya di rumah paman ku yang kebetulan punya komputer juga , seperti yang diharapkan, disana ada aplikasi pdf. Huft.. namun aku tidak bisa leluasa membukanya disana, komputer paman sering digunakan main game sepaaanjaaang hari. Terpaksa aku harus menginap di rumah nenekku itu dan menunggu paman-pamanku tidur.  Entah mengapa setelah beberapa kali aku belajar disana, aplikasi pdf itu dihapus.. huaa, mungkin pamanku tidak suka terlalu sering aku belajar menggunakan komputer mereka.

   Sejak saat itu BSE yang kupunya terabaikan dalam flashdisk, kalau ke warnet terlalu banyak uang yang harus dikeluarkan, ya pasrah saja.

   Pembagian raport kelas 9 semester 1 pun tiba, dag-dig-dug jantungku menunggu pengumuman ranking, dari ekspektasiku harusnya aku naik dari rank yang sebelumnya. dan ternyata Alhamdulillah sesuai yang diharapkan, rank ku naik menjadi ke 1. Kali pertama aku mendapatkannya di MTs, rasa senang juga dirasakan orang tuaku, terutapa bapak. Dia yang sempat berjanji untuk membelikan ku sebuah Notebook akhirnya kesampaian juga saat itu. walaupun second, setidaknya sudah ada aplikasi pdf nya, ditambah lagi lebih simpel dibanding komputer. Dari sana semangatku kembali memuncak, kubuka kembali BSE kelas 9 yang disimpan dalam flash disk. Aku mulai mempersiapkan Ujian Nasional dengan buku-buku dari sana, sehingga Alhamdulillah aku semakin merasa kenaikan nilai dalam ujian-ujianku cukup signifikan, tanpa dibarengi les pun aku bisa menempati peringkat 2 terbesar Ujian Nasional 2014 dari 180 santri yang ada di MTs ku. Senang sekali rasanya, aku sadar keberhasilanku ini selain takdir Allah yang mendominasi, juga fasilitas BSE yang mudah diunduh ini menjadi faktor yang mempengaruhi.

     Sebelum pengumuman kelulusan, aku manfaatkan waktu bebas untuk mengunduh seluruh buku BSE kelas 1 s/d kelas 3 SMA . akhirnya saat ini sudah lengkap buku-buku yang menunjang pembelajaran di SMA. Hanya saja aku baru tahu kalau bse juga bisa di unduh di android, tapi aku tidak punya android. Sempat ada rasa iri ketika teman-temanku menari-narikan jari mereka diatas touchpad ponsel canggih itu yang ternyata sedang membaca BSE, hmm tapi aku tetap bersyukur punya Notebook ini. walaupun tidak pakai android, aku yakin bisa meningkatkan prestasiku... aamiiin semangaat...!!^^

Oleh : Resa Utami

Sumber :
http://reautami.blogspot.com/2014/11/masa-transisi-d.html
« Last Edit: November 27, 2014, 10:36:34 AM by mahoni »