Author Topic: BSE.Mahoni.com menambah koleksi terbaru : 500 Buku SMK & 50 Buku T.I.K.  (Read 4227 times)

Offlinesatyana

Jr. Member

Jakarta, 1 desember 2014

BSE.Mahoni.com menambah koleksi terbaru : 500 Buku SMK & 50 Buku T.I.K.

Indonesia adalah negara no 4 terpadat di Dunia, setelah China, India& USA. Jumlah penduduk th 2014 adalah sekitar 250.000.000 orang. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, ada lebih 13.000 pulau diwilayah Indonesia. Ada sekitar 50.000.000 penduduk indonesia yang duduk dibangku sekolah : SD, SMP & SMA. Untuk mencukupi kebutuhan buku pelajaran tahun ini, pemerintah Indonesia mencetak 250 juta buku. Untuk negara Indonesia yang mempunyai daerah yang sangat luas, adalah hal yang rumit untuk pengadaan dan penyebaran distribusi Buku Pelajaran Sekolah (cetak) yang adil untuk semua siswa.

Dapat dibayangkan betapa lama& repot untuk mendistribusikan  buku-buku ini, dengan jumlah anak sekolah yang begitu besar,  area negara yang begitu besar dan banyak tinggal di pulau-pulau yang sulit terjangkau. Banyak kendala yang terjadi untuk memungkinkan setiap anak Indonesia mendapatkan materi pendidikan yang memadai& diterima dengan tepat waktu. Buku cetak sebagai sarana mendapatkan ilmu bagi pelajar sulit terdistribusikan dengan lancar, banyak kendala yang terjadi, diantaranya :
   -   Pusat distribusi terletak hanya di pulau Jawa
   -   Dana yang di-peruntukan hal ini sangat besar.
   -   Biaya cetak yang tinggi
   -   Biaya transport dari jawa menuju pulau-pulau lain sangat mahal
   -   Jumlah siswa yang besar sekali



Buku digital adalah salah satu solusi untuk mengatasi hal ini, dengan buku digital maka proses penggandaan bisa dilakukan dengan cepat& tanpa biaya. Untuk penyebarannya sangat cepat, cukup dengan menggunakan jalur internet lewat komputer, tablet atau smartphone.

Seiringan dengan popularnya Ebook, dan munculnya Tablet yang sangat cocok untuk digunakan untuk membaca Ebook, harusnya masalah mahalnya harga buku cetak& sulitnya distribusi buku cetak ini bisa teratasi dengan baik.

Mahoni sejak tahun lalu memulai proyek ?BUKU BSE? yaitu sebuah proyek untuk menyiapkan  :
   1.   server yang berisi ribuan Buku Pelajaran Sekolah dalam bentuk digital, yang siap didownload& dimanfaatkan oleh 50 juta siswa& 3 juta guru di Indonesia. Sampai bulan lalu jumlah koleksi yang dipunyai adalah sekitar 1600 Buku Pelajaran Sekolah, yang mana kebanyakan adalah buku-buku resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan digunakan oleh sekolah-sekolah sebagai bahan pelajaran wajib.
   2.   mobile aplikasi yang dibuat dalam platform : IOS, Android, Windows 8. Aplikasi ini memudahkan bagi siswa& guru untuk memilih buku pelajaran yang dibutuhkan, download, dan menyimpan buku-buku tersebut dalam suatu library untuk dibaca sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Aplikasi Buku BSE, memungkinkan setiap pengguna bisa menyimpan ratusan buku dalam sebuah smartphone/tablet mereka untuk dibaca kemudian sewaktu-waktu: dimana saja& kapan saja, tanpa membutuhkan jaringan internet lagi.

Hari ini, dengan bangga Mahoni.com menginfokan bahwa koleksi buku-buku pelajaran di server bse.mahoni.com bertambah dengan 50 Buku Teknologi Informasi& Komunikasi (TIK) dan 500 Buku SMK berbasis Kurikulum 2013. Dengan demikian jumlah koleksi buku pelajaran yang ada sudah lebih dari 2000 buku, dan jumlah ini akan bertambah terus kedepan.  Web bse.mahoni.com adalah portal paling lengkap untuk koleksi buku-buku berbasis Kurikulum 2013 yang hak ciptanya dimiliki oleh pemerintah, hingga bulan ini sudah lebih dari 10 juta buku didownload oleh para siswa & guru dari seluruh Indonesia.

Buku-buku pelajaran sekolah dalam bentuk digital ini bisa didownload& dibaca melalui Komputer PC, Laptop, Tablet maupun Smartphone. Dengan semakin murahnya harga tablet kedepan diharapkan siswa& guru Indonesia bisa mendapatkan buku pelajaran sekolah dengan cepat, murah, mudah, agar mereka mendapatkan bahan pendidikan yang sebanyak-banyaknya.



Santoso Suratso, CEO Mahoni.com mengatakan,  ?Dengan adanya proyek BSE ini, diharapkan 50 juta siswa& 3 juta guru di Indonesia  akan terbantu dalam mendapatkan buku pelajaran sekolah yang mereka butuhkan, sehingga kendala-kendala yang terjadi saat ini (Buku Cetak) bisa teratasi dengan haik. Sehingga mutu pendidikan di Indonesia bisa meningkat dan bisa bersaing dengan negara-negara lain dalam memasuki pasar bebas asean (MEA)?

Informasi lebih lanjut silahkan kontak : info@mahoni.com

web :
http://bse.mahoni.com
« Last Edit: December 01, 2014, 12:29:30 PM by satyana »