Author Topic: Apakah perusahaan di Indonesia sudah siap ke era digital?  (Read 3100 times)

Offlinemahoni

Global Moderator

Sr. Member

"Tujuan dari majalah internal adalah untuk membagikan informasi antar pegawai perusahan, atau juga disebut internal marketing. Bagaimanapun, di era digital seperti sekarang ini, jika masih menggunakan majalah versi cetak bagaikan berperang dengan sebilah pedang ketika yang lain sudah menggunakan peluru, tidak ada kesempatan untuk menang, hanya memboroskan uang"


Oleh: Santoso/Mahoni.com


Mayoritas perusahaan-perusahaan di Indonesia masih mencetak majalah pada media kertas. Majalah tersebut kemudian didistribusikan ke cabang-cabang untuk dibaca oleh karyawan. Ini merupakan hal yang baik karena marketing internal sama pentingnya dengan marketing eksternal. Faktanya juga, banyak orang berkata kamu harus terlebih dahulu menjual ke pegawai internal sebelum mereka dapat menjual ke pelanggan.

Majalah Internal adalah salah satu media untuk meningkatkan komunikasi dalam perusahaan untuk memastikan bahwa semua karyawan dan manajemen memiliki visi dan misi yang seragam di perusahaan. Beberapa perusahaan yang sudah bekerjasama dengan kami menghabiskan dana sekitar US$ 12.000 per bulannya untuk memberikan majalah internal kepada 4300 karyawannya, jadi, ini tidaklah murah.

Apa yang terlewatkan oleh beberapa perusahaan adalah fakta bahwa karyawan mereka sudah mengenal smartphone (atau bahkan tablet), dan beberapa lebih memilih untuk membaca majalah internal dengan formal digital. Beberapa karyawan mengatakan bahwa dalam beberapa hari atau minggu, majalah internal cetak mereka sudah dibuang ke tong sampah, jadi mereka sudah kehilangan informasi bahkan sebelum mereka membacanya. Jika mereka memiliki versi digital dari majalah internal tersebut, dan mereka dapat menyimpannya pada smartphone dan membaca ketika senggang, tidak akan ada waktu mereka terbuang karena mereka selalu memiliki dan membawa majalah internal tersebut kemanapun mereka pergi.

1 orang Direktur Marketing dan Komunikasi dari perusahaan besar, berbicara kepada kami tentang kebutuhan mereka untuk mengubah majalah internal cetak mereka ke format digital, tetapi pada waktu yang sama dia juga berkata,  "Kami selama ini mengundur rencana ini, karena kami khawatir akan keamanan atas sirkulasi majalah digital, karena saat ini file format PDF dapat dengan mudah diemail kepada semua orang, bahkan ke perusahaan kompetitor kami, ini sangatlah kacau dan tidak dapat dikontrol."

Berita baiknya adalah, di Mahoni.com divisi e-magazine, kami sudah memecahkan isu keamanan data, organisasi data, penyimpanan, sirkulasi digital dalam kasus majalah internal. Platform newsstand kami mengizinkan karyawan untuk log in dengan email perusahaan dan password untuk memastikan tidak akan ada pihak luar masuk, dan majalah internal yang sudah didownload oleh karyawan akan tetap berada di dalam gadget mereka tanpa dapat diemail versi PDF-nya, jadi karyawan dapat membaca majalahnya kapanpun dengan nyaman sekaligus tetap aman.

Dengan fitur keamanan kami yang eksklusif, Mahoni.com sudah menjadi provider teknologi terdepan untuk aplikasi newsstand digital di Indonesia untuk perusahaan terbesar seperti Telkomsel, dan juga beberapa bank terbesar di Indonesia.