Author Topic: Menang dengan Content Marketing Santoso Suratso BSc., MBA  (Read 2883 times)

Offlinemahoni

Global Moderator

Sr. Member

Menang dengan Content Marketing
Santoso Suratso BSc., MBA



Dunia informasi telah merubah sifat konsumen 180 derajat, dulu iklan di koran dan majalah selalu menghasilkan penjualan yang baik, banyak yang telpon ke kantor. Sekarang bagaimana? Tidak lagi, biaya iklan cetak lebih mahal tapi hasilnya lebih buruk.

Saya mengerti betul karena 13 tahun menjadi direktur distribor Kodak digital kamera di Indonesia, saya saksikan yang sama, dimana film cuci cetak, yg dulu adalah bisnis triliun rupiah berubah menjadi bisnis kecil, karena konsumen mencetak ke facebook, instagram dan path. Cetak ke kertas foto sudah lewat!

1.   Iklan cetak sekarang sudah tidak efektif, dan biayanya terlalu mahal;
2.   Telemarketing ? itu promotor bank yang menelpon HP anda menawarkan kartu kredit atau peningkatan pinjaman, sudah seperti bicara dengan tembok, siapa yang mau dengarin?
3.   Majalah khusus dari motivasional sampai teknikal, hari per hari sudah mulai gulung tikar karena tidak ada yang beli lagi;
4.   Website yang anda buat, tidak ada yg mengunjungi dan susah di maintain dan update lagi;
5.   Sms blast sudah menjadi cara membakar uang dengan sia-sa, karena sms sekarang dikenal menjadi ?saya masukin sampah? saja

Dulu semua cara diatas sangat efektif dan berhasil, sekarang bagaimana? Efektivitasnya sudah turun 80% dan akan hilang dalam 5 tahun lagi.

Anda mengetahui bahwa banyak yang memerlukan jasa dan produk anda, tapi bagaimana caranya mendapatkan perhatian pelangan baru? Tolong!

Dunia iklan konsumen sudah berubah mulai pada saat web ditemukan, karena kelakuan konsumen mendapatkan data sudah berubah total.

Mungkin 5-8 tahun yang lalu, potensial pelangan yang tertarik jasa anda akan menelpon kantor anda dan berkonsultasi dengan salah satu sales anda untuk menawarkan dan menjelaskan apa yang anda jual.
Sekarang, pertama yang akan dikerjakan oleh potensial pelangan adalah mencari di internet. Mereka akan mengunakan Google, membaca artikel yang ditemukan, memeriksa website anda dan melihat media sosial atas komentar orang lain. Mereka memeriksa apa perusahaan anda bisa dipercaya dan memiliki apa yang mereka cari. Jadi mereka mencari content yang berharga untuk menjawab keperluan mereka.

Jadi potensial langanan anda sekarang memiliki kuasa dan ini menjadi tugas anda untuk menyediakan informasi content yang baik dan menjawab keperluan yang mereka cari.

Sekarang cara pemasaran yang efektif itu seperti demikian, semua tentang menyediakan content yang berkualitas tinggi, bermakna dan berguna, bukan hanya apa yang tertulis atau di layout graphic dengan baik. Didik potensial langanan anda, tunjukan cara terbaik bagaimana, kasih tahu apa yang harus mereka cari, kasih nasihat-nasihat yang bernilai untuk mencapai keberhasilan, demokan bagaimana anda sudah membantu konsumen lain yang menghadapi masalah yang sama dengan berhasil, jawab masalah mereka dan buka mata mereka.

Itu cara untuk menang, yaitu menciptakan content dan mendistribusikan informasi yang berguna, berharga dan menarik untuk menolong potensial langanan anda menjadi pembeli, dan semoga bisa menjadi penyebar informasi yang sama ke teman teman mereka.

Dalam 20 tahun pengalaman saya di-dunia distribusi dan marketing, itu pelajaran penting berharga untuk menyentuh dan menjangkau juta-jutaan hati potensial konsumen tanpa iklan cetak.

Konklusi: ini tidak mudah tetapi keharusan buat anda. Menciptakan konten dan mengatur di dunia internet memerlukan banyak sekali usaha dan keahlian. Anda memerlukan pengertian yang penuh atas target klien dan dimana anda bisa menambah nilai. Juga penting adalah pengetahuan dan ilmu yang efektif. Konten yang bernilai tinggi tidak mudah namun penting jika anda inggin berkembang dan terus berhasil dalam mendapatkan ?sales leads? yang banyak dan prospektif, dalam dunia web ini dikenal dengan traffics.

Mahoni.com / mobile solution and marketing expert / info@mahoni.com
« Last Edit: July 06, 2015, 10:57:05 AM by mahoni »