Author Topic: Hal-hal Mendasar SEO  (Read 1682 times)

Offlinesaras008

Hero Member

Hal-hal Mendasar SEO
| June 09, 2016, 02:10:50 PM
SEO (Search Engine Optimization) sepertinya sudah banyak sekali artikelnya dipublish di internet. Singkatnya SEO merupakan serangkaian proses untuk menaikkan posisi website agar mudah ditemukan di halaman pertama Search Engine (baca: Google, Yahoo!, Bing) dengan kata kunci (keyword) yang tertarget. Dengan SEO akan memungkinkan sebuah website untuk mendapatkan pegunjung atau visitor dalam jumlah banyak. Sekarang ini SEO menjadi andalan di internet sebagai solusi bagi mereka yang ingin meningkatkan traffic website sekaligus meningkatkan pendapatan perusahaan. Pada kata kunci tertentu (kata kunci mengacu pada produk ataupun jenis bisnis Anda) apabila dioptimasikan dengan baik, akan membuat website lebih mudah ditemukan di halaman mesin pencari pada posisi yang baik.




Dengan kata lain, SEO adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama. Karena pada dasarnya tujuan website berada di halaman pertama pada mesin pencarian adalah untuk mendatangkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada dihalaman bawah dari hasil pencarian. SEO membuat suatu perusahaan bisa membangun branding image yang bagus. Dengan posisi SEO yang baik, maka website akan berani bersaing dengan ratusan website kompetitor lainnya.
Banyak orang (baca: owner bisnis) mengetahui SEO atau kurang lebih pernah mendengar istilah SEO. Namun tak banyak yang tahu betul bagaimana cara terbaik dalam optimasinya, termasuk penentuan kata kunci yang tepat. Langkah pertama secara keseluruhan sebelum Anda memikirkan lebih jauh mengenai SEO ini adalah dengan menjadikan situs website Anda ramah dengan mesin pencari sebut saja salah satunya yaitu Google.




?   Buatlah konten berkualitas
Sediakan informasi berkualitas sesuai dengan produk yang Anda tawarkan, buat konten yang menarik di laman Anda, terutama pada halaman beranda. Ini sangat penting untuk menarik pengunjung dan juga webmaster untuk menautkan ke situs Anda. Dari sinilah Anda dituntut memikirkan kata kunci apa yang tepat untuk membuat konten. Anda bisa memasukkan kata kunci pada konten-konten yang akan Anda buat.
?   Jadikan situs Anda mudah diakses
Bangun situs Anda dengan struktur tautan teratur, jelas dan logis. Jangan lupa untuk membuat situs Anda menjadi mobile friendly sehingga ketika website Anda di akses melalui smarthphone tidak akan mengalami kesulitan pada zoom in zoom out misalnya. Anda bisa memanfaatkan browser teks seperti Lynx, untuk memeriksa situs web Anda. Dengan Lynx ini memudahkan spider melihat situs Anda. Beberapa kasus seperti Javacript, frames, cookies, DHTML, atau Macromedia flash kita tidak bisa melihat secara keseluruhan sehingga membuat penelusuran spider menjadi sulit.
?   Pastikan kerja sama yang baik, artinya pastikan situs lain menautkan situs Anda
Perlu diketahui dengan baik bahwa Google itu pintar, ia menggunakan mesin teks canggih, Google dengan mudah mendeteksi konten asli dan juga konten hasil copypaste. Google mengintrepretasikan laman A ke laman B sebagai pemberian suara oleh laman A untuk laman B. Suara yang dimaksudkan jelas harus berbobot guna membantu laman lain tersebut.

By: Ita Mahoni