Author Topic: Apakah Menjadi Sarjana itu Penting?  (Read 264 times)

Offlinesaras008

Hero Member

Apakah Menjadi Sarjana itu Penting?
| August 26, 2016, 10:17:57 AM





Kali ini kita akan membahas tentang pentingnya menjadi sarjana. Apa itu sarjana? Bagi sebagian orang gelar sarjana adalah hal yang sangat penting, terutama untuk mendapatkan pekerjaan, ada pula ada yang bertujuan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, dan lain sebagainya. Nah untuk lebih jelasnya, mari kita simak artikel di bawah ini.

Bagi sebagian siswa SMA, masuk perguruan tinggi merupakan suatu keharusan.Tapi apa sebenarnya yang membuat kuliah itu penting? Banyak sekali orang sukses yang memiliki latar belakang pendidikan yang cemerlang, namun tidak sedikit juga orang-orang dengan pendidikan yang tidak tinggi tapi mampu untuk memiliki karir yang hebat. Jadi, apakah menjadi sarjana itu penting?

Dengan memiliki title sarjana, maka kamu akan memiliki nilai ekstra untuk masa depan karir mu nanti. Tetap saja, sebelum kamu memutuskan untuk kuliah, kenali dan pelajari dulu jurusan dan universitas yang cukup mewadahi cita-cita dan kesukaan sehingga kamu dapat membangun ekspektasi tentang apa yang akan dihadapi nanti. Setiap bidang IPA, IPS, dan Bahasa memiliki kecenderungan pemilihan jurusannya masing-masing. Untuk kelas IPA, jurusan-jurusan yang sering dipilih biasanya seperti Pertambangan dan Perminyakan, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Informatika, Pendidikan Dokter, Pendidikan Kedokteran Gigi, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Arsitektur. Dan biasanya untuk IPS, jurusan yang paling sering dipilih adalah Psikologi, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Bisnis dan Manajemen, Akuntansi, dan Desain. Tidak sedikit juga yang tertarik mendalami sastra, seperti Sastra Inggris, Perancis, Jepang, Arab dan Korea.

Lalu, apakah title sarjana itu penting? Tentu saja, tapi bukan berarti itu menjadi factor penentu cerah atau tidak nya masa depan kita nanti. Pada dasarnya, setiap jurusan memiliki karakternya tersendiri di dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Ini yang harus kamu ketahui sekarang. Kuliah tidak membuatmu kaya, namun dengan kuliah kamu akan menemukan banyak kesempatan untuk menjadi kaya secara ilmu, pola pikir, kematangan emosi, latar belakang diri, dan keahlian yang akan menuntunmu menjadi calon pekerja produktif dengan kemampuan yang kompetitif.

Bukan title sarjana yang membuatmu berharga, namun keinginan untuk belajar dan mendalami sesuatu secara konsisten dan disiplin yang kelak akan berbuah baik di masa depan. Selain perguruan tinggi, banyak program studi yang menawarkan program profesi setelah akademi, tentunya ini juga menjadi pilihan yang dapat dipikirkan juga. Pastikan kamu mencari tahu segala bentuk informasi tentang pilihan jurusan atau program studi yang dituju sebelum mulai mendaftar.

Itu dia ulasan singkat mengenai pentingnya memiliki gelar sarjana. Jadi, bagaimana menurutmu? apakah tertarik memiliki gelar sarjana?