Author Topic: "Mobile Apps" di Indonesia Makin Menjanjikan  (Read 3599 times)

Offlineinjid_semut

Hero Member

"Mobile Apps" di Indonesia Makin Menjanjikan
| November 19, 2012, 10:55:01 AM
Bisnis pengembangan aplikasi di perangkat bergerak, seperti ponsel dan tablet di Indonesia semakin menjanjikan. Sedari dini, para pemangku kepentingan mulai memperkenalkan bisnis ini dan segala peluang yang bisa ditempuh oleh generasi muda.

Mengapa menjanjikan? Karena pengembang aplikasi (developer) mobile dapat menghasilkan uang dari aplikasi yang mereka buat, di mana mereka bisa membuat aplikasi berbayar atau aplikasi gratis yang menyediakan ruang untuk iklan.

Manager Value Added Service Indosat Diana M. Sevi, mengatakan, pada September 2012 lalu, setiap pekannya ada 12.000 pelanggan Indosat yang membeli aplikasi berbayar di BlackBerry App World. Data ini terungkap karena sejak 2011 lalu Indosat memberlakukan sistem potong pulsa untuk membeli aplikasi BlackBerry. Aplikasi di iOS dan Android, tentu tak kalah potensial.

Menurut Diana, aplikasi yang paling banyak diunduh adalah game, musik, dan jejaring sosial.

Perusahaan pengembang game Altermyth Studio, sukses menghasilkan uang dari pasar Indonesia. "Populasi warga Indonesia terbesar keempat di dunia, jadi kita targetkan dulu pasar lokalnya, karena banyak segmen pasar yang belum dijamah," ujar Dien Wong, CEO Altermyth Studio dalam acara AppMazinc di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (17/11/2012).

Dari hasil pasar Indonesia, Dien mengaku berhasil meraup Rp 200 juta sampai Rp 300 juta dari aplikasi game bawaan pada ponsel fitur yang dijual sebuah operator seluler CDMA.

Ia coba meyakinkan bahwa orang Indonesia berani membayar konten yang dirasa menarik. Selain itu, operator seluler kini juga makin gencar menjalin kerjasama dengan pengembang aplikasi, sejak bisnis content provider melesu pada akhir 2011 lalu.

Pendiri M-Saku Mobile Payment Izak Jenie, berpendapat, pertumbuhan bisnis pengembang aplikasi semakin didukung oleh penetrasi penggunaan perangkat mobile (smartphone dan tablet) serta semakin cepatnya layanan internet yang ditawarkan operator seluler.

Agar aplikasi disukai oleh pengguna, Izak menyarankan agar developer membuat sesuatu yang sederhana untuk konsumen, dan memberi pengalaman berbeda. "Tapi risikonya si developer harus bersusah payah terlebih dahulu untuk bikin aplikasi yang sederhana dan memberi pengalaman beda untuk penggunanya," ujar Izak di sela konferensi AppMazinc yang digelar di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (17/11/2012).

Salah satu perusahaan yang sedang gencar mendorong ekosistem developer di Indonesia adalah Qualcomm. Perusahaan perancang chipset ini menyediakan software development kit (SDK) bagi para pengembang aplikasi, mulai dari SDK Augmented Reality, Fast CV (Computer Vision), Peer-to-Peer, Contextual Awareness, Gaming & graphics, HTML5, wireless health, hingga Multimedia Optimization.

Ben Siagian selaku Country Director Qualcomm Indonesia berharap, para pemangku kepentingan turut mendorong tumbuhnya ekosistem developer sehingga banyak konten lokal bermunculan dan bisa mempercepat industri.

Sumber http://tekno.kompas.com

Offlinekevinjaya

Newbie

Re: "Mobile Apps" di Indonesia Makin Menjanjikan
Reply #1 | December 24, 2019, 03:33:27 PM
Pasar teknologi semakin meningkat dan terus berkembang, sehingga tidak sedikit orang yang ingin berkarir di dunia teknologi. Disamping itu, mobile aplikasi merupakan salah satu teknologi terkini yang saat ini terus dikembangkan yang didukung dengan fenomena orang yang saat ini lebih sibuk dengan gadget.  Perkembangan software dan aplikasi berbasis website, dekstop, dan yang lainnya juga terus meningkat misalnya seperti software accounting, software kasir, software restoran dan yang lainnya. Salah satu perusahaan software ternama di Indonesia adalah Hashmicro yang sudah lama menjajakan usaha di indonesia dengan memberikan berbagai jenis layanan software terbaru untuk berbagai kebutuhan bisnis. Keunggulan yang dimiliki adalah sudah terintegrasi dengan sistem erp. Untuk info lebih lanjut kunjungi disini.

Offlinenagara

Jr. Member

Re: "Mobile Apps" di Indonesia Makin Menjanjikan
Reply #2 | April 29, 2020, 08:11:38 PM
aplikasi yang paling banyak judul skripsi diunduh adalah game, musik, dan jejaring sosial.