Author Topic: Anak dan Gadget : Yang Penting Aturan Main  (Read 1931 times)

Offlinesaras008

Hero Member

Anak dan Gadget : Yang Penting Aturan Main
| September 01, 2016, 04:20:12 PM
Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi Belajar Bagi Pelajar


 
Belajar merupakan hal yang wajib bagi semua orang. Namun dalam belajar perlu fokus dan konsentrasi agar pelajaran yang kita pelajari bisa masuk ke otak. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kurang fokus dan konsentrasi saat belajar, sehingga ilmu tidak terserap dengan baik. Tidak semua orang juga memiliki kemampuan yang sama dalam menyerap ilmu. Namun dengan tips berikut ini mungkin bisa menjadi solusi agar menambah fokus dan konsentrasi dalam belajar.

1. Pastikan lingkungan tenang dan kondusif

Pertama, lingkungan sekitar yang tenang, kondusif dan nyaman pastinya membuatmu lebih fokus karena tidak ada gangguan. Belajar menjadi lebih enjoy dan materi bisa kamu terima dengan baik. Waktu yang biasanya tenang adalah ketika sebelum fajar sampai setelah fajar. Ketika pagi hari, selain tenang juga pikiran kita masih fresh.

2. Menghindari sumber gangguan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fokus adalah mengontrol sumber gangguan. Saat ini dengan adanya gadget kita menjadi susah untuk lepas darinya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah meminimalkan sumber gangguan umum seperti membatasi waktu didepan televisi maupun gadget.

3. Cukup makan dan minum

Tubuh memerlukan nutrisi, begitu pula otak. Makan makanan yang sehat secara tidak berlebihan sangat dianjurkan. Kamu bisa memakan makanan yang bergizi dan bervitamin yang bisa mendukung kinerja otak dan menambah konsentrasi belajar. Serta minumlah air putih yang cukup.

4. Bermain game yang mengasah otak

Memainkan game tertentu seperti permainan memori maupun yang bisa mengasah otak dapat membantumu meningkatkan konsentrasi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa otak perlu dilatih untuk memperkuat fungsi pikiran, termasuk dalam hal fokus dan konsentarsi.

5. Lebih teratur dengan membuat jadwal

Jika kamu punya banyak aktivitas tentunya kamu memerlukan jadwal agar lebih teratur. Bagi waktumu dengan baik agar kamu bisa menyelesaikan tugasmu satu per satu dengan penuh konsentrasi.Pastikan kamu juga mendapatkan istirahat yang cukup sebelum mengerjakan pekerjaan berikutnya. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan pakar pendidikan untuk memudahkanmu meraih cita-cita

Itulah 5 cara untuk Meningkatkan Fokus Dan Konsentrasi Belajar, bila ada tips lainnya jangan ragu untuk berbagi. Seperti kemampuan lainnya, fokus dan konsentrasi dapat diperkuat dan kembangkan dengan latihan. Belajar tidak hasrus sampai larut malam, yang peting cukup dan teratur. ya. semoga bermanfaat dan selamat belajar!