Author Topic: Apa Saja yang Dipelajari Anak di Taman Kanak-Kanak?  (Read 343 times)

Offlinesaras008

Hero Member

Apa Saja yang Dipelajari Anak di Taman Kanak-Kanak?
| September 05, 2016, 06:37:34 PM
Halo para member forum, bagaimana kabar hari ini? semoga sehat selalu ya, kali ini kita akan membahas tentang apa saja yang biasanya dipelajari anak-anak ketika di sekolah taman kanak-kanak. Apakah anak Anda sudah memasuki usia TK dan ingin menyekolahkannya ke TK? Mungkin Anda bertanya-tanya apa saja sih yang mereka pelajari. Nah artikel berikut ini mungkin bisa membantu menambah pengetahuan anda tentang dunia sekolah TK. mari kita simak.

Banyak yang mengira bahwa di TK, anak-anak akan banyak menghabiskan waktu bermain bersama guru dan teman-teman. Jangan salah, disela-sela waktu bermainya disaat itulah guru menyisipkan pelajaran dasar yang cukup penting untuk anak-anak saat melanjutkannya nanti di sekolah dasar.





1. Matematika
Belajar menghitung sambil bernyanyi, menulis angka dan mewarnainya. Pendekatan audiovisual dan konsep pembelajaran dengan warna dan benda adalah cara guru TK untuk mengenalkan anak tentang dasar-dasar matematika. Tidak semua anak memiliki kapasitas mengingat yang sama, sehingga perlu dilakukan pendekatan lain yang dapat menyeimbangkan pengertian anak murid. Setelah itu, biasanya guru akan memberikan materi dasar tambahan seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

2. Membaca
TK adalah momen yang tepat untuk belajar membaca dan mengenal huruf. Ia akan belajar bersama-sama dengan yang lainnya sehingga lebih terasa seperti bermain daripada belajar. Ini adalah momen emas karena daya ingat anak yang masih dini tentu lebih cemerlang dan pastinya ia akan lebih cepat menyerap ilmu karena kapasitas memorinya masih sangat baik.

3. Sains
Di TK, akan banyak eksplorasi yang akan dilakukan anak-anak bersama gurunya. Anak anda akan belajar tentang kebiasaan hidup yang baik seperti informasi makan makanan yang sehat dan kebersihan gigi dan mulut. Ia juga akan belajar banyak hal seperti metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu, mengapa ada pelangi, dan hal-hal sains lainnnya.

4. Interaksi Sosial
Selain orangtua, anak-anak akan belajar bagaimana cara bersikap baik dan bertingkah laku yang sopan salah satunya dari guru. Dengan interaksi di lingkungan sosialnya, anak akan belajar mengidentifikasi diri dan karakternya sebagai manusia. Ini adalah bagian dari proses pengembangan psikologisnya.




Pada dasarnya, TK akan memberikan pandangan kepada anak secara dini tentang perbedaan tipe atau karakter manusia dari etnis, budaya, sikap dan keterbukaannya dengan sesama. Selain itu, tujuan lainnya adalah mengolah kinerja otak anak dengan menyisipkan ilmu-ilmu dasar yang akan membantunya di sekolah dasar nanti. Namun tentunya materi tersebut diberikan dengan cara yang menyenangkan dan tanpa tekanan, sehingga anak-anak terus ingin belajar lagi dan lagi.