Author Topic: PENTINGNYA MENGUASAI TEKNOLOGI  (Read 1886 times)

Offlinesaras008

Hero Member

PENTINGNYA MENGUASAI TEKNOLOGI
| September 13, 2016, 01:54:06 PM
 Zaman modern seperti sekarang ini menuntut segala aktivitas hidup manusia dilakukan secara lebih efektif dan efisien. Untuk tujuan tersebut manusia berlomba-lomba menciptakan berbagai teknologi mutakhir mulai dari pengembangan software dan hardware, termasuk menciptakan suatu perangkat yang disebut komputer. Hampir di seluruh bidang kehidupan manusia saat ini tidak lepas dari peran " mesin cerdas " yang satu ini. Mulai dari perkantoran, perbankan, perusahaan, pendidikan, pemasaran sampai pengguna rumahan semua bergantung pada komputer untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu program guna menyelesaikan masalah-masalah secara cepat dan tepat diluar kemampuan perhitungan manusia. Kita ambil contoh dalam perbankan modern saat ini telah menggunakan sistem on-line dalam prosedur transaksinya., lalu industri pabrik modern menggunakan robot untuk mengendalikan semua proses produksi, kedokteran untuk mendiagnosis penyakit yang diderita pasien, penerbangan dan luar angkasa untuk mengontrol pesawat, mengomunikasikan data, dan masih banyak lagi.
      Perkembangan komputer saat ini telah mencakup ruang lingkup yang sangat luas, mulai dari awal perkembangannya, komputer telah menunjukkan kemampuannya dalam memproses dan mengkalkulasi sebuah sistem atau prosedur yang diprogram di dalamnya untuk meniadakan keterbatasan manusia baik dalam segi pelaksanaan/waktu dan proses pengerjaan yang berhubungan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari. Komputer saat ini menjadi realitas kehidupan umat manusia sebagai penimba ilmu untuk melaksanakan berbagai aktivitas kerja secara lebih maksimal dan efisien. Penekanan pada efisiensi utamanya di zaman globalisasi seperti saat ini sangat diharuskan guna mencapai derajat hidup yang lebih baik. Oleh karena itu sepatutnya kita sebagai manusia yang mengemban kewajiban mensejahterakan ilmu pengetahuan dan mensejajarkannya dengan ilmu agama sebagai umat yang taat, dituntut untuk mempelajari lebih dalam terkait komputer itu sendiri dan mengimplementasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari.
      Berikut saya berikan beberapa contoh implementasi Teknologi Informasi di berbagai bidang kehidupan :

1. Dalam Perbankan masa kini, TI dimanfaatkan  untuk meningkatkan kemampuan bank dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Pemrosesan data saacra on-line dan real time telah mempercepat proses transaksi nasabah.

2. Dalam dunia Industri Manufaktur, Teknologi Informasi berperan penting membantu memperlancar proses pengolahan sumber daya menjadi barang produksi. Dapat dilihat di atas, pemanfaatan fisik robot yang otomatis diprogram untuk mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi memberikan keuntungan berupa efisiensi waktu dan mengurangi jumlah sisa bahan yang tidak terpakai.

3. Salah satu peran TI lainnya adalah di bidang kedokteran. Dokter menggunakan Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT), yang merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radioaktif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Dalam bidang Informatika sendiri sudah ada perkembangan dalam ilmu digital forensik.


Dari beberapa contoh penerapan TI di atas dapat teman-teman lihat sendiri, teknologi informasi saat ini menjadi sesuatu yang lumrah dan tak terpisahkan dari beberapa disiplin ilmu yang lain. Oleh karena itu, tuntutan untuk mengusai Teknologi Informasi misalnya dalam pemrograman komputer, rekayasa perangkat lunak, digital forensik, dan sistem saraf buatan menjadi semakin tinggi. Bagi teman-teman yang masuk ke jurusan komputer atau informatika tak perlu ragu lagi kan? Lapangan kerja yang begitu fleksibel menawarkan para lulusan IT untuk bekerja di perusahaan apapun saat ini.
       Tapi bukan berarti para sarjana IT mendapat pasport yang terjamin untuk langsung merintis karir kerja di perusahaan perusahaan berkredit langit. Satu hal yang mesti perlu dipertimbangkan oleh para lulusan dan penimba ilmu di bidang IT sendiri adalah kerasnya medan pertempuran untuk mendapatkan pengalaman kerja itu sendiri. Mengapa demikian?? Alasannya sederhana saja....kualitas dan pengalaman seorang engineer IT lebih diutamakan dari pada sekedar melihat indeks prestasinya ...menurut statistik saja, di Indonesia sendiri rata-rata lulusan IT yang mendapat lapangan pekerjaan hanya sekisar 10 persen dari total 100 persen...pertanyaannya, 90 persennya ngapain?? yah..memang sebagian lainnya memilih menjadi freelancer....persoalan ini dikarenakan sangat banyak lulusan IT yang berkualitas tinggi dari negara-negara lain....apalagi di Tahun 2015 ini sampai seterusnya akan dibuka Pasar Bebas ASEAN...
      Perlu diakui, penguasaan teknologi di Indonesia sendiri masih minim dan kalah saing dengan Negara-negara raksaksa IT lainnya macam Amerika dan Jepang...perkembangan zaman yang begitu cepat dan dinamis telah membuat para perintis karir di bidang IT apalagi di Indonesia harus lebih ekstra keras dan dituntut mengikuti perkembangan teknologi seakurat mungkin agar kita tak kalah bersaing dengan engineer IT bangsa lain.
        Salah satu alternatif yang dapat diambil untuk dapat bersaing di medan pertempuran IT adalah dengan mengambil sertifikasi...saat ini sertifikasi begitu banyak dan dapat di ambil dengan mengikuti kursus-kursus dan ujian sertifikasi itu sendiri, ...saat ini yang paling banyak dicari adalah engineer IT dengan sertifikasi CISCO atau ORACLE.....yang jadi masalahnya adalah..hal tersebut tidak mengeluarkan materi uang yang sedikit. Satu lagi yang menjadi bahan pertimbangan agar dapat diterima di perusahaan-perusahaan besar lainnya adalah menyangkut penguasaan bahasa asing...memang saat ini apalagi dengan adanya Pasar Bebas ASEAN tadi, penguasaan bahasa asing minimal bahasa inggris atau jepang menjadi kredit lebih bagi para IT engineer sendiri...sebab itu, persiapkan mulai dari sekarang..misalnya teman-teman dapat mengikuti les bahasa inggris/jepang ataupun dapat belajar otodidak tidak masalah...