Author Topic: SEO atau Adwords?  (Read 2021 times)

Offlinesaras008

Hero Member

SEO atau Adwords?
| September 14, 2016, 03:26:57 PM
SEO atau Search Engine Optimization merupakan serangkaian usaha agar website kita muncul di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci tertentu.  Karena mesin pencari yang sangat sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Google, jadi kita sebut saja Google sebagai mesin pencari. Hasil pencarian ini merupakan website original dan tanpa dibebani oleh biaya klik alias gratis. Hanya saja diperlukan usaha yang cukup serius untuk mampu mendapatkan top rank di halaman satu mesin pencari.




Ada banyak faktor yang mempengaruhi SEO suatu website, seperti backlinks berkualitas, page rank, keywords, dll. Ketahanan SEO di halaman Google akan bertahan lama apabila dioptimasi dengan benar dan tepat. Satu hal yang harus diingat ketika optimasi SEO adalah jangan curang, sebab algoritma Google dengan mudah mendeteksi jika terjadi kecurangan. Ketika suatu website begitu powerful dengan keyword SEO-nya maka sudah dipastikan trafficnya tinggi. Istimewanya SEO adalah pengunjung yang sudah terfokus dan terfilter. Dalam artian ketika seseorang mencari produk furniture dari Indonesia, ia kemungkinan besar akan mengetikkan keyword ?furniture from Indonesia? tidak mungkin ia mengetikkan keyword ?tour package Bali? atau sebaliknya.
Sementara Adwords adalah iklan berbayar yang disediakan oleh Google langsung. Ini adalah cara instan terbaik agar website Anda muncul di halaman satu Google. Tentu saja iklan ini berbayar setiap kliknya. Harga setiap kata kunci di keyword planner Google berbeda tergantung tingkat kompetisi dan tinggi-rendahnya pencarian. Contohnya seandainya Anda adalah pelaku bisnis tour travel yang salah satu destinasinya adalah Bali, Anda cocok menggunakan kata kunci diatas ?tour package Bali?. Tapi perlu Anda tahu bahwa harga kata kunci tersebut mampu menembus angka IDR 5.000 per klik. Hitung saja jika dalam satu hari Anda menginginkan 20 klik, maka dalam satu hari tersebut Anda harus mempunyai budget Rp 100.000 ,-. Lalu jika Anda menginginkan beriklan selama 1 bulan maka kalikan saja 30 hari adalah Rp 3.000.000 ,-. Lebih parahnya lagi itu hanya untuk satu kata kunci saja, tidak lebih! Bahkan ada risiko seandainya competitor Anda berniat tidak baik, ia akan senang sekali meng-klik iklan Anda dengan tujuan membuat budget iklan Anda habis. Bukankah ini sia-sia?
Sudah memutuskan SEO atau Adwords-kah yang cocok untuk bisnis Anda? Jikapun Anda memilih SEO dengan beberapa alasan, carilah SEO yang cocok dan sesuai dengan target Anda. Saya beri contoh apabila Anda seorang pelaku bisnis tour travel yang mendatangkan wisatawan asing, maka www.indonesia-tourism.com adalah media tepat untuk Anda beriklan dengan harga yang relative murah. Sementara jika Anda adalah pelaku bisnis eksport furniture, maka media www.indonesia-furniture.com dengan kata kunci global sangat cocok karena mampu mendatangkan pembeli potensial. Check it out now!

By Ita (sales@mahoni.com)
PT Mahoni Global, ph. 021-549-4049