Author Topic: Tanya Jawab dng Mahoni.com tentang Poyek Aplikasi 'BUKU BSE' for IOS & Android  (Read 4680 times)

Offlinemahoni

Global Moderator

Sr. Member

Sebagaimana diketahui bahwa Mahoni.com baru saja membuat Press Release : meluncurkan Aplikasi 'Buku BSE' untuk IOS & Android yg bisa diunduh gratis melalui bse.mahoni.com, aplikasi ini memungkinkan para pelajar/guru diseluruh Indonesia untuk mengunduh lebih dari 1000 pelajaran sekolah di Tablet mereka, tentu dengan gratis.

Baru pertama kali terjadi ada sebuah perusahaan yg merilis 3 proyek besar sekaligus untuk Buku Sekolah Elektronik :
- Mirror Buku Sekolah Elektronik (bse.mahoni.com)
- Aplikasi pembaca Buku BSE for Android
- Aplikasi pembaca Buku BSE for IOS

Kali ini wartawan anda melakukan wawancara dengan Bpk Ginting  Sadtyono sebagai direktur Mahoni.com tentang proyek ini

t: mohon dijelaskan secara singkat tentang 'Buku BSE' ini?
j: sebagaimana diketahui bahwa Buku Sekolah Elektronik adalah sebuah program dari Kemenbud yang dibuat untuk memenuhi buku pelajaran dengan standard nasional pendidikan yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat Indonesia. Sejak tahun 2008, Kemenbud telah membeli hak cipta lebih dari 1000 buku pelajaran SD,SMP,SMA & SMK untuk disebarkan gratis bagi para pelajar & guru diseluruh Indonesia. Program ini sangat bagus dan perlu didukung agar buku-buku ini bisa tersebar dan dimanfaatkan maksimal oleh para pelajar & guru diseluruh Indonesia, untuk memberikan ilmu dengan lebih banyak namun dengan biaya yang terjangkau & mudah didapat. Namun dari banyak pengamat program ini masih belum berjalan lancar, disebabkan kendala tetek bengek di alat pembacanya dalam hal ini di PC sebagai satu-satunya alat baca

Seiring dengan perkembangan teknologi yang berkembang, sejak kehadiran komputer tablet di tahun 2010 (dan yang akan terus bertambah pada 2016,  mencapai 1.4 milyar unit), maka pemanfaatan komputer sebagai alat baca buku-buku elektronikpun semakin dipermudah. Perangkat tablet yang sangat ringan, mudah dipakai, tahan lama daya listriknya & sangat mudah penggunaannya cukup pakai jari, sangat cocok digunakan sebagai media pembantu untuk membaca ebook bagi para pelajar & guru. Perkembangan untuk harga computer tablet pun mengalami perubahan yang signifikan, saat ini sudah ada yang berharga dibawah 1 juta, sehingga bisa di jangkau oleh banyak kalangan. Dengan demikian, hal ini akan sangat membantu mempopulerkan pemanfaatan ebook sebagai pengganti buku kertas dimasa depan.

Dalam rangka ikut mendukung program 'Mencerdaskan Anak-anak Indonesia', maka Mahoni.com mepersembahkan aplikasi 'Buku BSE' untuk iOS & Android yg bisa dimanfaatkan untuk membaca buku BSE dengan mudah, praktis & cepat. Dengan menciptakan aplikasi 'Buku BSE' ini , Mahoni.com ingin ikut berpartisipasi dalam menunjang mutu pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik, praktis dan terjangkau, untuk pendidikan Indonesia yang lebih berkualitas, demi generasi masa depan Indonesia.

t: apakah untuk mengunduh aplikasi ini harus bayar ?
j : Aplikasi 'Buku BSE' ini bisa didownload dari AppStore atau Google Play secara gratis, setelah aplikasi dijalankan maka selanjutnya bisa download lebih dari 1000 buku BSE dari server mahoni dengan cepat, mudah & tanpa biaya. Setelah buku-buku yg dikehendaki terdownload semua, selanjutnya buku-buku ini bisa dibaca dimana saja, kapan saja?dan tak membutuhkan lagi jaringan internet.

t : Mohon dijelaskan secara singkat alasan Mahoni.com membuat aplikasi 'Buku BSE' ini?
j : Ada beberapa permintaan yg masuk ke mahoni, mungkin mengetahui bahwa mahoni.com banyak membuat aplikasi-aplikasi yg berhubungan dengan buku digital (mahoni sudah membuat aplikasi berjumlah sekitar 100 aplikasi di IOS & Android, kebanyakan berupa aplikasi tentang buku digital), mereka menghimbau mahoni membuatkan aplikasi khusus sebagai alat baca buku BSE, sebab saat ini mereka untuk menemukan apllikasi yg praktis & jalan lancar masih susah. Dikatakan walaupun buku-buku ini gratis namun untuk mendapatkannya banyak yg mengalami kesulitan, sebab banyak diantara mereka tak begitu paham tentang IT, istilahnya gaptek, sehingga mereka inginnya mudah penggunaannya dan jalan lancar. Sehingga bisa konsentrasi pada penggunaan Buku BSE ini, bukan pada operational perangkat alat bacanya
Setelah menerima usulan tsb, kami mencoba mencari info di internet, jelajah kiri-kanan untuk mengetahui tentang Buku Sekolah Elektronik ini, saat menjelajah di internet untuk mengetahui progress penggunaan Buku BSE ini, kami tergelitik dng salah satu tulisan seorang siswi di sebuah forum  :"Pada kenyataannya sekarang, bagi orang awam seperti saya untuk mencari/mengakses BSE begitu sulit. hanya di lempar kesana-kemari, ketika di klik tautan hanya iklan."
Membaca yg seperti ini sungguh membuat kami prihatin, setelah menghitung tenaga, biaya & waktu yg akan terpakai, maka mahoni.com bertekad untuk menyumbangkan kemampuan yang dimiliki untuk mendukung program pemerintah yg amat bagus ini, yaitu dengan cara membuat aplikasi di  tablet yg mudah dan praktis untuk membaca Buku BSE yg jumlahnya diatas 1000 buku ini

Dengan pertimbangan bahwa buku-buku sekolah  adalah sebuah harta karun yang sangat luar biasa bagi para pelajar & guru, dan mahoni.com memang berpengalaman dibidang server & mobile app maka kita putuskan dibulan mei lalu untuk mengembangkan system untuk mendukung proyek ini yg meliputi :
1. Server untuk download buku BSE
2. Mobile App untuk Android
3. Mobile App untuk Ipad & Iphone

t: Kemudian?
j: Kami segera membentuk team untuk mengerjakan 3 proyek ini sekaligus. Kami memulai dengan menyewa dedicated server yg diperuntukkan khusus sebagai basis data BSE ini.
Pada tgl 7 juni 2013, server sudah siap dan pengerjaan web kita mulai. Web akhirnya bisa diakses beberapa hari kemudian dng alamat bse.mahoni.com
Akhir akhir bulan juni 2013, aplikasi Buku BSE untuk Android sudah siap, awal Juli 2013 Aplikasi untuk Ipad/Iphone sudah jadi juga, setelah siap semua kami memutuskan untuk di launching pada tgl 15 juli 2013, bersamaan dng Tahun Ajaran Baru 2013/2014

t: Apa semua yg dikerjakan oleh team Mahoni.com ini gratis semua?
j : Ya..untuk proyek ini kami tidak profitable sama-sekali, ini semua demi mendukung program mendikbud yg bagus sekali ini, sehingga mahoni.com bisa ikut membantu mencerdaskan bangsa dengan jalan membuatkan aplikasi yg begitu mudah dipakai bagai para pelajar & guru di seluruh indonesia

t: Untuk tiap kelas berapa jumlah buku yg sudah ada?
j: Kalau kita asumsikan jumlah buku ada 1000 buah, dan jumlah level kelas ada 15 level (termasuk SMK), maka 1 level kelas ada buku sebanyak sekitar 66 buku, ini sudah bisa dijadikan literatur tambahan bagi setiap anak untuk pembelajaran yg lebih lengkap.

t: Bagaimana menurut mahoni tentang pandangan beberapa orang yang mengatakan bahwa buku elektronik belum cocok untuk Indonesia?
j: Kita harus berpandangan ke depan, pelan atau cepat ebook akan menggantikan buku kertas. Lebih cepat mempersiapkan diri akan lebih baik jangan sampai ketinggalan.
Dari pengalaman mesin ketik diganti printer, kamera film diganti kamera digital, mau tak mau, suka tak suka buku digital akan menggantikan buku kertas.
Saat ini kita melihat beberapa gadget harganya sudah dibawah 1 juta. Misalkan 1 sekolah membeli 1 gadget dan diisi 1000 buku, maka harga sebuah buku hanya senilai Rp. 1000/buku, ini jauh lebih murah  dibandingkan dng harga buku cetak

t: Untuk lokasi-lokasi yang jalur internetnya masih lelet, bagaimana solusinya?
j : Tentu saja kendala selalu ada, lebih-lebih kendala kecepatan internet di Indonesia yang relatif masih pelan, namun semua pasti bisa dicarikan jalan keluarnya, misalkan sebuah SD di NTT ingin mempunyai koleksi 1000 Buku BSE ini, maka mereka bisa titip keseorang kenalan untuk membeli 1 tablet di Jakarta/Surabaya, kemudian dibawa ke warnet untuk titip download Buku BSE ke penjaga warnet tsb. Penjaga warnet akan download buku-buku tsb pada saat sepi, sehingga jalur cepat & tak mengganggu pengunjung yg lain. Besok harinya sudah selesai dan tablet tsb bisa dikirim ke NTT, dan kemudian sekolah tsb sudah mempunyai koleksi 1000 buku yg bisa dipakai bersama oleh guru-guru disekolah tsb untuk meningkatkan kulitas para guru disana.
Jika Buku-buku tsb sudah didownload dan masuk di aplikasi Buku BSE ini maka selanjutnya buku-buku ini bisa dibaca dimana saja, kapan saja?dan tak membutuhkan lagi jaringan internet. Seolah sebuah pustaka buku sekolah dalam sebah tablet saja.

t: Jadi fungsi sebuah tablet bisa ditingkatkan tidak hanya untuk browser & main game saja ya?
j : Betul!, kalau kemarin-kemarin para orang tua merasa was-was untuk membeli sebuah tablet, takutnya hanya untuk main game anaknya saja, sekarang Tablet bisa dijadikan sarana membantu pembelajaran sekolah anak.  Seorang anak bisa memasukkan semua koleksi Buku BSE untuk kelas dia berapa, misalkan ada 50 buku, semua bisa masuk di Tablet tsb dan bisa dijadikan referensi membantu pembelajaran anak tsb.

t: Sekarang seeding hot dibicarakan tentang Kurikulum 2013, apakah di aplikasi ini juga sudah support?
j: Ya?kami mendesign aplikasi ini untuk support buku-buku yg akan diterbitkan mendatang, begitu pemerintah mengeluarkan buku-buku terbaru, kami segera bisa menaruh di server kami dan setelah itu yg sudah menginstall aplikasi ini bisa mendownload buku-buku yg terbaru. Saat aplikasi ini diluncurkan sudah ada hampir 50 buku yg berbasis Kurikulum 2013, dan akan bertambah terus.

t: Kalau dikondisikan saat membeli sebuah tablet, aplikasi Buku BSE ini sudah terinstall didalamnya apa bisa?
j: Jika ada produsen tablet lokal yang menginginkan seperti ini bisa kami support agar aplikasi Buku BSE ini siap terinstall saat terjual.
Atau bahkan jika pemerintah ingin membagikan tablet keseluruh sekolah di Indonesia, maka Mahoni siap membantu menyiapkan aplikasi 'Buku BSE' yg sudah berisi 1000 buku ini didalamnya, sehingga sekolah-sekolah ini saat menerima tablet sudah langsung bisa memanfaatkannya tanpa perlu download-download buku lagi.

t: Untuk pengadaan Tablet yg khusus untuk alat pembaca BSE ini apa tidak mahal?
j: Menurut kami tidak mahal, dipasaran saja saat ini ada Tablet 7" Android yg harganya dibawah Rp. 700rb, inipun ada dual kamera yg mana tidak dibutuhkan sebagai alat baca BSE. Jika pemerintah bisa nego langsung ke Pabriknya, dengan spek khusus, diantaranya tanpa kamera, kami yakin harganya bisa ditekan lagi, misalkan menjadi sekitar Rp. 500 ribu, jika di tablet ini bisa diinstall lebih dari 1000 Buku maka nilai sebuah bukunya kan tak sampai Rp. 500, senilai parkir sepeda motor saja tak lebih?
Dan jika tablet yg berisi 1000 buku ini dibagikan ke setiap sekolah maka dapat dibayangkan seketika itu setiap sekolah mempunyai pustaka 1000 buku yg bisa dimanfaatkan oleh setiap guru atau murid disekolah itu untuk menambah pengetahuan

t: Wah?sangat menarik, ternyata sebuah tablet tidak hanya bermanfaat untuk browsing & main games saja, juga bisa dimanfaatkan untuk sarana belajar ya?
j: Betul?tablet bagaikan sebuah pisau, kalau ditangan koki yg handal bisa menghasilkan masakan yg enak, namun kalau ada ditangan orang jahat bisa menjadi alat pembunuh?

t: Apakah Mahoni bersedia membantu pemerintah untuk pemanfaatan tablet sebagai alat bantu pembelajaran bagi anak sekolah & guru?
j: Tentu saja!, kan yang sekarang kami sudah melakukannya? Denagn senang hati kami akan membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekolah di Indonesia melalui ebook ini

t: Setelah di release ini apa proyek sudah selesai?
j : Proyek yg utama sudah selesai, namun team mahoni masih tetap mengikuti perkembangannya terus, diantaranya :
* di server bse.mahoni.com, jika dari Mendikbud ada penambahan buku baru maka kami segera mengcopy dan memasukkan ke server mahoni, saat ini juga sudah ada tambahan hampir 50 buku yg termasuk Kurikulum 2013
* untuk aplikasi akan dikembangkan terus, diantaranya nanti akan penningkatan kemampuan untuk : mencorat-coret, men-stabilo, mengirim halaman via email , bahkan mengirim 1 buku ke teman via aplikasi ini, dll
* saat ini juga sudah disertakan aplikasi tambahan, yaitu 'Notes', dng fasilitas ini kita bisa menulis artikel, catatan, dsb?jika diperlukan bisa dikirim via email juga

t: Bagi pemilik Android & IOS, alamat untuk download aplikasi dimana?
j: Bisa lewat Appstore & Google Play, ketik saja dng kata kunci 'Buku BSE', atau bisa download juga lewat website : www.bse.mahoni.com

t: Bagi yang belum punya tablet, apa bisa memanfaatkan aplikasi ini?
j: Bagi yang tidak memiliki Tablet iOS/Android tetap bisa untuk memanfaatkan koleksi lebih dari 1000 buku sekolah ini, yaitu dengan men-download melalui PC/Laptop anda, dengan hanya menggunakan jaringan internet & pdf reader saja, melalui www.bse.mahoni.com

t : Terima kasih atas waktunya Pak Ginting atas waktunya melakukan wawancara ini, ada pesan untuk pembaca?
j : Pesan kami, silahkan mencoba download aplikasi ini dan kami tunggu inputan-inputannya agar bisa menjadikan aplikasi ini menjadi lebih baik & lebih lengkap dikemudian hari, sehingga akan lebih bermanfaat bagi para pelajar & guru di seluruh Indonesia.


Sumber : MacClubIndonesia.com
http://www.macclubindonesia.com/forums/showthread.php?90349-Tanya-Jawab-dengan-Mahoni-com-tentang-Proyek-Aplikasi-BUKU-BSE-untuk-IOS-amp-Android


« Last Edit: August 07, 2014, 01:04:50 PM by mahoni »