Author Topic: Kelebihan Buku Digital Dibanding Buku Cetak  (Read 53822 times)

Offlineinjid_semut

Hero Member

Kelebihan Buku Digital Dibanding Buku Cetak
| December 09, 2013, 01:06:59 PM
5 Kelebihan Buku Digital (E-Book) Dibanding Buku Cetak

Jamak diakui bahwa zaman kita akan segera berganti ke zaman digital. Indikasi ke arah sana kian mulai sangat terasa. Digitalisasi gencar menggerus berbagai sendiri kehidupan kita. Kini, bahkan, jasa pemesanan ojek pun tersedia secara online. Digitalisasi itu, tentunya juga menggerus buku-buku cetak dan menggantikannya dengan buku digital atau yang akrab dengan istilah e-book.

Kemajuan zaman selalu menjanjikan kelebihan. Sebab, jika tidak, mustahil ia disebut kemajuan dan mustahil pula ia diterima oleh manusia. Hukum ini berlaku pula bagi e-book yang diprediksi akan menggantikan zaman buku cetak. Lalu, apa kelebihan e-book ketimbang buku cetak? Berikut ini Redaksi Mizan.com menghimpun "5 Kelebihan Buku Digital (E-Book) Dibanding Buku Cetak" versi Mizan.com.

1. Lebih Simpel
E-book dinilai lebih simpel untuk dibawa dan disimpan, ketimbang buku cetak. Dengan format e-book, Anda tak butuh lagi tas besar untuk membawa beberapa buku atau rak buku berderet-deret untuk menyimpan koleksi buku Anda. Anda hanya butuh e-book readers untuk membawa atau menyimpan buku-buku Anda.

2. Lebih Murah
E-book tergolong jauh lebih murah ketimbang buku cetak. Konon, harga satu buku versi e-book diperkirakan akan 30 % lebih murah ketimbang versi cetaknya. Bahkan, begitu banyak koleksi e-book yang bisa Anda download gratis.

3. Lebih Tahan Lama dan Abadi
E-book adalah buku yang tahan lama atau bahkan abadi (everlasting). Ia tak akan mudah rusak dimakan usia. Berbeda dengan buku cetak yang makin lama akan makin menguning dan rusak.

4. Lebih Mudah Didapat
E-book lebih mudah untuk dicari dan didapatkan. Untuk mendapatkan buku cetak yang dijual di Amerika sangat repot tentunya. Anda harus membelinya ke sana atau membeli dari sini dan kemudian dikirim via jasa pengiriman yang tentunya akan memakan waktu lama. Tapi, jika buku itu telah tersedia versi e-book, Anda bisa mendapatkannya dalam jangka waktu beberapa menit dengan hanya men-download-nya.

5. Tersedia Dalam Banyak Pilihan Bahasa
E-book juga biasanya tersedia dalam beberapa bahasa, jadi akan sangat memudahkan pengguna dari berbagai negara untuk membacanya


Sumber : www.mizan.com