Author Topic: Buku Digital Bikin Tas Anak SMA AS Ringan  (Read 4163 times)

Offlinesatyana

Jr. Member

Buku Digital Bikin Tas Anak SMA AS Ringan
| January 13, 2014, 06:47:35 PM
Buku Digital Bikin Tas Anak SMA AS Ringan




NEW YORK - Tas para murid SMA Stepinac di New York, Amerika Serikat (AS) jauh lebih ringan tahun ini. Betapa tidak, mereka enggak harus membawa buku teks yang super berat; cukup laptop atau tablet.

Yup, buku pelajaran, mulai dari biologi hingga ke kalkulus sekarang telah diubah menjadi buku digital. Enggak heran, isi tas pelajar Stepinac ini hanyalah iPad, bekal makan siang dan jaket.

Tetapi, tidak semua buku berbentuk digital. Buku-buku tentang agama masih berupa buku teks konvensional. Sementara mata pelajaran lainnya menggunakan buku digital yang disimpan pada jaringan internet sekolah.

Sistem buku digital ini menurunkan tagihan buku dari USD600 atau setara dengan Rp7,3 juta menjadi hanya USD150 (Rp1,8 juta). Tetapi, penurunan biaya ini bukan alasan utama semua murid dari sekolah Katolik Roma ini semua beralih ke buku digital.

"Kami bertransformasi ke digital untuk pembelajaran yang lebih baik. Selain itu, konten online jauh lebih kaya, misalnya untuk penugasan, laboratorium virtual dan blogging," ujar Wakil Kepala Sekolah Stepinac Frank Portanova seperti disitat dari laman Huffington Post, Kamis (26/12/2013).

Ambil contoh buku online untuk pelajaran sejarah. Tidak hanya teks, buku tersebut juga memuat video terkait materi bahasan pelajaran mulai dari Woodrow Wilson hingga Malcolm X. Sementara buku-buku online ilmu pengetahuan menunjukkan proses ilmiah dalam gambar video.

Asyiknya lagi, semua buku digital ini bisa disimpan. Sehingga siswa dapat melihat kembali buku digital tersebut untuk meninjau konsep yang telah dipelajarinya. Siswa dapat menandai bagian yang penting tanpa merusak buku, atau memasukkan kata kunci untuk menemukan referensi.

Direktur Teknologi SMA Stepanic Patricia Murphy mengatakan, buku teks digital telah diperbarui tiga kali semester ini. Selain itu, guru sejarah Joe Cupertino mengatakan, memiliki begitu banyak pengayaan dalam teks digital berarti pekerjaan mereka lebih produktif dan membebaskan guru untuk berbuat lebih banyak diskusi dan analisa yang lebih baik di kelas.    (rfa)

http://pemilu.okezone.com/read/2013/12/25/560/917400/buku-digital-bikin-tas-anak-sma-as-ringan
« Last Edit: January 25, 2014, 05:08:03 PM by satyana »