Author Topic: Kabar Gembira! Kini Buku Sekolah Elektronik Hadir di Gadget Android Anda  (Read 4928 times)

Offlinesatyana

Jr. Member

Kabar Gembira! Kini Buku Sekolah Elektronik Hadir di Gadget Android Anda



Di tengah semakin mahalnya harga buku cetak untuk sekolah, sebenarnya ada satu kebijakan pemerintah, dalam hal ini Kemdikbud yang patut dipuji, yaitu peluncuran program Buku Sekolah Elektronik (BSE). Kemdikbud membeli hak cipta buku-buku sekolah di berbagai jenjang pendidikan (SD, SLTP, SLTA dan SMK), kemudian buku tersebut diunggah ke website BSE, sehingga bisa diunduh dan diperbanyak oleh siapa saja secara gratis. Materi BSE ini diperkenankan untuk dicetak dan diperjual-belikan, dengan ketentuan harganya tidak melebihi harga eceran tertinggi (HET). Saya pernah melihat BSE di sebuah toko buku, harganya berkisar antara 10 ribu hingga 15 ribu rupiah. Sangat murah, jika dibandingkan dengan buku sekolah yang diterbitkan oleh penerbit terkenal, yang harganya mencapai 50 ribu atau bahkan lebih. Tentu saja  ini sangat membantu bagi para murid sekolah, terutama dari kalangan yang kurang mampu. Saya sendiri sudah memiliki ratusan judul file BSE, yang saya dapatkan secara gratis ketika membeli majalah PC Media. File-file BSE tersebut meliputi buku-buku untuk SD, SMP, SMA dan SMK.

Sebenarnya cukup mudah untuk mengunduh BSE ini dari website yang disediakan oleh Kemdikbud. Hanya memang kita cukup direpotkan dengan keharusan untuk login, yang tentunya harus mendaftar terlebih dahulu. Pada proses pendaftaran ini, kita diharuskan mengisi form, yang mengharuskan kita mengisi nama, email, username dan password. Masalah utamanya, jika selanjutnya kita jarang mengakses website tersebut, tak jarang kita lupa dengan username atau password kita. Masalah lain, adalah kendala tersedianya komputer atau laptop dan akses internet.

Namun kini, semua hal tersebut tidak lagi menjadi masalah. Akses internet semakin mudah dan murah. Perangkat atau gadget untuk mengakses internet juga semakin terjangkau. Tidak harus menggunakan komputer atau laptop. Kini akses internet menggunakan ponsel (smartphone) atau komputer tablet sudah bukan barang mewah lagi. Harga smartphone dan komputer tablet sudah semakin murah dan terjangkau. Dan kita perlu berterima kasih kepada OS Android. Berkat android, kini ponsel tidak sekedar untuk telepon dan sms. Dengan android, kita dapat melakukan banyak hal yang bermanfaat dengan gadget yang kita punya.

Dan kabar yang menggembirakan, kini kita dapat mengakses dan mengunduh BSE melalui sebuah aplikasi android. Setelah BSE diunduh, kita dapat membacanya layaknya membaca buku, dan membolak-balik halaman dengan usapan tangan kita. Setidaknya kini sudah ada dua aplikasi tersebut. Yang pertama adalah Buku Sekolah Elektronik, dan yang kedua adalah Buku BSE.

aplikasi Buku BSE dipublish oleh Mahoni.com. Aplikasi ini memiliki kelebihan pada proses download buku (ebook) yang lebih mudah, dan adanya fasilitas search untuk mencari daftar buku yang sudah diunduh. Aplikasi ini masih baru, yaitu baru dirilis pada tanggal 13 Oktober 2013. Selain Buku BSE, Mahoni.com telah mempublish beberapa aplikasi lain, yang dapat dilihat di sini.

Saya sudah mengunduh kedua aplikasi tersebut di perangkat tablet saya. Keduanya sangat bagus dan bermanfaat. Yang pertama terpikir ketika melihat aplikasi ini adalah anak saya. Daripada sibuk main game dengan perangkat tabletnya, lebih baik baca buku di tabletnya. Dan memang, ketika saya memberikan perangkat tablet untuk anak, saya langsung menginstalnya dengan beberapa aplikasi yang bernilai informasi dan pendidikan. Dan hadirnya aplikasi BSE ini merupakan kabar gembira bagi saya sebagai seorang ayah, yang akan segera saya persembahkan untuk anak saya.

Bagaimana dengan anda?

Baca selengkapnya di :
http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2013/10/20/kabar-gembira-kini-buku-sekolah-elektronik-hadir-di-gadget-android-anda--603282.html