Author Topic: KANISIUS : KEAMANAN PANGAN - Sri Anggrahini  (Read 2162 times)

Offlinesongyou

Hero Member

KANISIUS : KEAMANAN PANGAN - Sri Anggrahini
| October 26, 2018, 05:05:21 PM

KEAMANAN PANGAN
Sri Anggrahini


Buku ini disusun dalam rangka memberikan tambahan pengetahuan bagi produsen makanan jajanan, industri kecil rumah tangga atau UKM pengguna bahan tambahan di dalam pengolahan pangannya, dan masyarakat penggemar pangan yang ditambah bahan tambahan. Di samping itu, juga membantu mahasiswa tentang Keamanan Pangan terkait dengan penggunaan bahan tambahan pada pengolahan pangan, adanya kontaminan logam berat dan residu pestisida dalam pangan. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) salah satunya ditentukan oleh keamanan pangan yang dikonsumsi. Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia yang secara langsung berperan di dalam meningkatkan kesehatan manusia sehingga mampu melakukan kegiatan sehari-hari secara baik. Oleh karena itu, keamanan pangan menjadi sangat perlu diperhatikan agar pangan yang dikonsumsi tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Belakangan ini banyak jenis pangan yang beredar di pasaran tidak terjamin lagi keamanannya, karena penggunaan bahan tambahan pada pangan yang tidak tepat, baik jenis maupun jumlah penggunaannya, adanya penggunaan bahan tambahan non-pangan, serta adanya cemaran logam berat dan residu pestisida pada pangan. Persyaratan keamanan pangan (food safety) yang akan dikonsumsi, merupakan salah satu hal yang penting untuk dipenuhi. Apa artinya pangan bergizi tinggi, berpenampilan menarik, dan lezat, namun tidak aman dikonsumsi.

Beberapa golongan Bahan Tambahan Pangan antara lain antioksidan, pengawet, pemanis, pewarna, serta penggunaan bahan tambahan yang tidak benar antara lain formalin, boraks, rhodamin B, metanil yellow, adanya kontaminasi logam berat, dan adanya residu pestisida pada pangan yang berkaitan dengan keamanan pangan akan disampaikan pada buku ini.



Download Bukunya di sini


Aplikasi TOKO BUKU tersedia untuk iOS,Android,dan Windows