Author Topic: GARUDHA WACA : Ikat Kait Impulsif Sarira - Eko Supriyanto  (Read 1558 times)

Offlinesongyou

Hero Member


IKAT KAIT IMPULSIF SARIRA
Eko Supriyanto


Apakah tari kontemporer? Bagaimana geraknya dalam konteks Indonesia? Sebuah kawasan memanjang dari timur ke barat, atau sebaliknya; kehidupan yang berdegup dari Miangas sampai Rote, atau sebaliknya. Ia akan menjumpai Indonesia yang multi-tubuh; yang bersaling-silang dengan gerak zaman. Ada tradisi nusantara dan budaya global yang mengitarinya. Lalu di manakah posisinya?

Dalam buku ini penulis mencoba meneropong jejak tari kontemporer di negeri ini. Temuannya menunjukkan beragam gejala penyikapan tari kontemporer oleh pelaku-pelakunya, sebagai penari maupun koreografer. Dari penggambaran yang mampu tertangkap, penulis menjumpai sebuah peran yang dapat ditebalkan bagi seniman tari kontemporer Indonesia, setidaknya yang dibutuhkan Indonesia saat ini dan ke depannya.

Ikat Kait Impulsif Sarira: tubuh yang bergerak mengikuti arahan dari dalam dirinya, yang membaca dan menyuarakan terus-menerus perjalanan sejarah; yang menjemput tradisi dan membuatya mampu tanpa henti bicara, dalam ruang terbuka dan baru.


Download Bukunya di sini


Aplikasi TOKO BUKU tersedia untuk iOS,Android,dan Windows