Author Topic: Aplikasi Buku BSE untuk Pengguna Windows  (Read 7652 times)

Offlineinjid_semut

Hero Member

Aplikasi Buku BSE untuk Pengguna Windows
| May 14, 2014, 03:03:11 PM
Aplikasi Buku BSE, Aplikasi GRATIS Berisi Kumpulan 1365 Buku Sekolah Elektronik Untuk Seluruh Pelajar & Guru di Indonesia, Termasuk Buku Kurikulum 2013. Juga terdapat Buku & Komik Pendidikan Anti Korupsi dari KPK. Buku Sekolah Elektronik atau dikenal dengan BSE adalah program inisiatif dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku belajar elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK. Setiap buku yang dimasukkan dalam BSE telah dibeli hak ciptanya secara resmi oleh Departemen Pendidikan Nasional dari penulis atau penerbit yang terkait, yang untuk selanjutnya, buku - buku tersebut diubah dalam bentuk buku elektronik (ebook). Dengan adanya buku BSE ini, bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat yang membutuhkan buku dengan standart nasional pendidikan. Buku digital ini bisa didownload secara cuma-cuma.

Di dalam Aplikasi Buku BSE ini, terdapat lebih dari 1300 buku yang memuat semua mata pelajaran untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK, dan semua buku tersebut bebas untuk di download secara gratis melalui intenet. Dengan demikian, pemanfaatannya bisa di gunakan oleh para siswa, pihak pengajar bahkan orang tua siswa, untuk memberikan ilmu dengan lebih baik namun tanpa biaya tambahan lagi. Untuk mendukung program buku BSE ini, Mahoni.com turut berpartisipasi dalam pengembangannya dengan membuat Aplikasi Buku BSE.

Aplikasi Buku BSE adalah buatan Mahoni.com (Developer dari Indonesia) dan menjadi salah satu kontribusi Mahoni.com untuk ikut berpartisipasi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Selain juga memberikan kemudahan dalam bentuk yang lain untuk memfasilitasi buku-buku pelajaran secara praktis dan tanpa biaya. Aplikasi Buku BSE disediakan bagi mereka yang membutuhkan buku-buku pelajaran dalam bentuk digital yang praktis dan yang bisa diakses melalui tablet dan smartphone. Setiap buku yang ada dalam aplikasi ini disediakan secara lengkap sesuai kebutuhan dasar pendidikan dan pelajaran Indonesia, dan yang memenuhi standard nasional pendidikan.


Offlinesatyana

Jr. Member

Re: Aplikasi Buku BSE untuk Pengguna Windows
Reply #1 | June 26, 2014, 06:30:29 PM
Berita di Yahoo :
https://id.berita.yahoo.com/buku-pelajaran-mahal-aplikasi-bse-sediakan-ribuan-buku-110012106.html

Buku pelajaran mahal? Aplikasi BSE sediakan ribuan buku gratis untuk siswa Indonesia





Di Indonesia, ada banyak startup yang ambil bagian dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Beberapa dari startup ini membuat platform belajar online untuk memudahkan akses belajar. Ada juga yang mengembangkan aplikasi mobile seperti e-Tryout yang menyediakan soal-soal latihan yang bisa dikerjakan oleh penggunanya. Di antara banyak platform dan aplikasi mobile pendidikan yang sudah ada di Indonesia, ada satu aplikasi mobile yang menyediakan ribuan buku digital gratis yakni aplikasi BSE (Buku Sekolah Elektronik) yang dikembangkan oleh developer aplikasi mobile Mahoni.

Diluncurkan pada bulan Juli tahun lalu, aplikasi BSE menyediakan lebih dari 1.300 e-book yang bisa didownload secara gratis. Hingga kini sudah lebih dari 1,5 juta e-book didownload secara gratis dari aplikasi BSE dengan 200.000 e-book didownload per bulannya.

Bekerjasama dengan pemerintah
Sebelumnya, BSE adalah program inisiatif dari pemerintah yang bertujuan untuk menyediakan buku pelajaran elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA, dan SMK yang bisa diakses oleh semua siswa dan guru di Indonesia. Setiap buku yang dimasukkan dalam BSE telah dibeli hak ciptanya secara resmi oleh Departemen Pendidikan Nasional dari penulis atau penerbit yang terkait, yang untuk selanjutnya diubah dalam bentuk e-book. Program ini tentunya menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia karena harga buku pelajaran relatif mahal bagi banyak siswa.
(Baca juga: Demi kurangi tingkat putus sekolah, pemerintah canangkan program SMA online)
Tapi program e-book tersebut tidak praktis karena buku hanya bisa di-download ke PC. Mahoni memutuskan untuk membuat aplikasi mobile BSE (juga menjalankan server) setelah mengetahui kesulitan dan ketidakpraktisan yang terjadi selama men-download buku-buku tersebut.

Setelah sebelumnya hanya tersedia untuk platform Android and iOS, kini aplikasi BSE juga tersedia untuk platform Windows (tablet dan PC). Mahoni berharap aplikasi mobile ini bisa mempermudah akses dan penggunaan buku digital yang tersedia.

aplikasi BSE windows
Meskipun aplikasi BSE gratis, Mahoni berjanji untuk terus mendedikasikan dirinya untuk mengembangkan fitur-fitur di aplikasi ini. Beberapa fitur di aplikasi BSE yakni selain bisa mencari buku dalam fitur ?Search? dan men-download buku secara gratis, pengguna bisa membuat catatan penting pada buku yang mereka baca. Ada juga kalkulator dan konverter yang bisa digunakan pengguna ketika mempelajari ilmu pasti seperti Matematika dan Fisika. Selain buku pelajaran, baru-baru ini Mahoni juga menambahkan komik Pendidikan Anti Korupsi dari KPK.
(Baca juga: 8 aplikasi dan platform e-book di Indonesia)

Tantangan
Dengan lebih dari 1.300 buku senilai kurang lebih Rp 100 miliar, Mahoni berharap BSE bisa digunakan oleh semua siswa di Indonesia mulai dari SD hingga SMA. Hal ini bisa membantu siswa di Indonesia untuk mendapat kualitas pendidikan yang lebih baik dan dapat bersaing secara global. Ke depannya, Mahoni akan terus berupaya menambah jumlah e-book di aplikasi BSE untuk menyediakan konten yang lebih lengkap. Co-founder Mahoni, Santoso Suratso, menjelaskan:

Jadi rencananya kami akan menambah konten di buku BSE sampai suatu hari bisa menjadi aplikasi perpustakaan buku yang paling lengkap di Indonesia. Mungkin dari 1.300 menjadi 13.000 dalam 5 tahun. Ini visi kami untuk menyentuh dan menjangkau puluhan juta murid/guru/orangtua Indonesia.

Menyediakan buku pelajaran digital secara gratis yang bisa diakses pada perangkat mobile merupakan ide yang brilian, tetapi masih banyak orang Indonesia yang belum terjangkau teknologi ini, baik karena faktor kemiskinan atau keterbatasan akses internet. Mahoni melihat ini sebagai sebuah tantangan bagi pemerintah Indonesia dan percaya bahwa ke depannya hal tersebut bisa diatasi.

Aplikasi BSE bisa Anda download secara gratis untuk Android, iOS, dan Windows (tablet dan PC). Sedangkan aplikasi BSE untuk Windows Phone saat ini belum tersedia, namun menjadi bagian dari rencana Mahoni ke depannya.