Author Topic: Press Release-Buku BSE 2.0 & Upgrade Server Buku Sekolah Elektronik 14-juli-2014  (Read 4274 times)

Offlinesatyana

Jr. Member

=== Press Release ===

Jakarta, 14 Juli 2014

- Mobile Aplikasi "Buku BSE"  dan Server Buku Sekolah Elektronik Versi 2.0 diluncurkan
- Lebih dari 3.7 Juta buku pelajaran sekolah sudah di-download dari server BSE.Mahoni.com

Menyambut Tahun Ajaran Baru th 2014/2015 yang dimulai hari ini, Mahoni.com sebagai salah satu Developer Lokal meluncurkan Mobile Aplikasi "Buku BSE ver 2.0" sekaligus meng-upgrade isi Server Buku Sekolah Elektronik.

Sejak diluncurkan versi 1.0 kurang dari 1 tahun yang lalu, sampai hari ini jumlah buku yang sudah di-download dari server BSE.Mahoni.com telah mencapai lebih dari 3.7 juta buku pelajaran sekolah. Jumlah ini bertambah terus setiap harinya. Jika dianggap sebuah Buku Pelajaran Sekolah nilainya Rp. 10.000,- maka nilai buku yang sudah di-download senilai 3.7 juta x Rp. 10.000 = 37 Milyard Rupiah!

Dalam kurang dari 1 tahun sejak diluncurkan, Mahoni.com sebagai pengembang terus meng-upgrade Aplikasi & Server Buku BSE, yang mana hingga saat ini (Versi 2.0) kemampuannya sudah ditingkatkan :
- Aplikasi mobile telah mendukung 3 platform: IOS, Android, Windows 8
- Dilengkapi Add-ons app, seperti: Notes, Kalkulator, Konverter, Anotasi, Clock & Alarm (versi Android)
- Jumlah buku pelajaran sekolah mencapai lebih dari 1.400 koleksi buku SD, SMP, SMA& SMK
- Koleksi Buku Kurikulum 2013 mencapai lebih dari 100 koleksi buku
- Terdapat koleksi 24 Buku & Komik dari KPK, berisi Pendidikan Anti Korupsi untuk pelajar
- Ada koleksi 11 Buku & Komik dari Bank Indonesia, berisi tentang Pendidikan Pengelolaan Keuangan untuk pelajar
- Disiapkan Backup Server, jika server utama mengalami gangguan maka bisa diaktifkan server cadangan
 
Aplikasi "Buku BSE" memungkinkan pemakai untuk memanfaatkan Tablet/Gadget mereka untuk membaca langsung buku pelajaran sekolah yang bisa di-download dari server BSE.Mahoni.com secara gratis, sekali sudah ter-download maka dapat dibaca kembali sewaktu-waktu, tanpa membutuhkan jaringan internet lagi. Dengan demikian, pemanfaatannya bisa digunakan oleh para siswa, pihak pengajar bahkan orang tua siswa, untuk memberikan ilmu lebih banyak tanpa biaya tambahan. Sehingga,  anggapan bahwa Gadget/Tablet hanya dapat digunakan  untuk main games, browsing& akses media sosial saja, kini sudah tak berlaku lagi karena sekarang juga dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran siswa di sekolah.

Buku Sekolah Elektronik atau dikenal dengan BSE adalah program inisiatif dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku belajar elektronik pada tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK. Setiap buku yang dimasukkan dalam BSE telah dibeli hak ciptanya secara resmi oleh Departemen Pendidikan Nasional dari penulis atau penerbit yang terkait, yang mana untuk kemudian buku-buku tersebut diubah dalam bentuk buku elektronik (ebook). Buku BSE ini bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat yang membutuhkan buku dengan standart nasional pendidikan. Selain itu, buku digital ini bisa di-download secara cuma-cuma. Dari sini Pemerintah sudah menyadari  bahwa zaman ?Buku Cetak? akan segera berakhir digantikan oleh ?Buku Digital?, menyongsong lebih cepat akan lebih baik daripada menunda atau menghindari perkembangan zaman. 

Saat ini ada sekitar 50 juta jumlah pelajar dan guru di Indonesia, begitu besar manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya program ini, juga bisa dihitung berapa penghematan dari pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik yang bisa di-download secara gratis ini. Dapat dibayangkan berapa trilyun pertahun penghematan yang dapat dilakukan oleh negara jika semua proses pembelajaran di Indonesia sudah beralih ke Buku Digital. Selain juga sekaligus ikut melestarikan hutan tanpa perlu menebang pohon-pohon untuk dijadikan bahan buku cetak lagi. Dengan  lebih mudah, lebih murah& lebih banyak buku pelajaran sekolah yang didapat, maka ilmu yang diperoleh para siswa Indonesia akan mengalami peningkatan, dimana tentunya kondisi ini sangat bagus untuk bersaing dengan negara-negara lain dalam era keterbukaan ini.

Sebagaimana banyak beredar info di Internet, bahwa dalam 1 bulan ini website resmi Pemerintah (bse.kemdikbud.go.id) untuk download Buku Sekolah Elektronik tidak bisa diakses, "sedang dalam perawatan", demikian penjelasan resmi di-halaman tersebut. Bagi yang mengalami kesulitan  akses dari web tersebut, dan menginginkan download koleksi Buku Sekolah Elektronik bisa akses di bse.mahoni.com, yang mana tidak ada biaya sama sekali alias gratis!

Ginting Sadtyono, direktur Mahoni.com mengatakan bahwa :
- Aplikasi "Buku BSE" tidak akan dikomersialkan, jadi bisa di-download gratis oleh siapa saja dari Appstore, Google Play dan Windows Store. Bagi yang belum mempunyai Gadget/Tablet bisa membacanya lewat Laptop/PC mereka.
- Aplikasi & Server "Buku BSE" di-maintenance sendiri oleh Mahoni.com, sehingga tidak tergantung kepada pihak lain, kecepatan & kemudahan akses server selalu diperhatikan, agar pengunjung tidak kesulitan saat mengakses data.
- Ke-depan, Aplikasi Buku BSE & Server akan ditingkatkan terus kemampuannya agar bisa lebih mempermudah & lebih membantu para pelajar& guru di seluruh Indonesia. Dan akan tetap gratis.
- Koleksi Buku akan terus ditambah, dengan berbagai macam buku, seperti :  contoh soal, dll

Proyek aplikasi "Buku BSE" ini merupakan salah satu kontribusi Mahoni.com untuk ikut berpartisipasi bagi dunia pendidikan di Indonesia, dipersembahkan oleh Mahoni.com kepada 50 juta Pelajar dan Guru di seluruh Indonesia.

Info lebih lanjut silakan kunjungi :
http://bse.mahoni.com

Pertanyaan & info lebih lanjut bisa dikirimkan ke : info@mahoni.com

« Last Edit: July 14, 2014, 10:12:50 AM by satyana »