Author Topic: Mahoni.com, developer app yang berambisi memajukan pendidikan Indonesia  (Read 10832 times)

Offlinemahoni

Global Moderator

Sr. Member

Mahoni.com, developer app yang berambisi memajukan pendidikan Indonesia

Periode ini, masyarakat khususnya yang bermukim di kota besar sudah tidak dapat terlepas dari yang namanya ponsel cerdas. Tidak hanya sebagai alat komunikasi semata, perangkat ini juga berfungsi sebagai hiburan, seperti mendengarkan musik, menonton film, dan juga membaca. Salah satu developer lokalyang telah merilis banyak aplikasi adalah Mahoni.com. Didirikan pada tahun 2009, perusahaan yang memiliki dua kantor di Jakarta dan Surabaya ini dihuni total 50 staf yang terdiri dari beberapa divisi, seperti Marketing, Quality Control, Editor, Programmer, Designer, dan Server. Apa latar belakang berdirinya Mahoni dan aplikasi apa saja yang sudah pernah dihasilkan? Direktur dan Pendiri Mahoni.com, Ginting Sadtyono, memaparkannya dalam wawancara dengan Poster berikut

Apa yang menjadi cikal bakal berdirinya Mahoni?
Tepatnya 19 Oktober 2009. Beberapa tahun sebelum itu, tepatnya sejak Apple meluncurkan iPhone pada tahun 2007, kami melihat bahwa iPhone bukan sekadar handphone saja, namun juga merupakan sebuah komputer kecil yang di dalamnya bisa di-install berbagai aplikasi yang bisa berfungsi persis yang komputer lakukan.

Kami pun segera membentuk divisi untuk riset dalam pengembangan mobile applications ini. Setelah riset beberapa tahun, pada 19 Oktober 2009 kami putuskan untuk membentuk Mahoni.com, yaitu perusahaan yang dibentuk khusus untuk mengembangkan mobile apps.

Apa app berbasis iOS buatan Mahoni yang paling populer?
Untuk aplikasi paling populer, beberapa di antaranya adalah aplikasi Buku BSE yang sudah terunduh satu juta kali dan bersifat nirlaba. Terdapat 1.300 buku pelajaran sekolah, mulai dari SD, SMP, dan SMA, juga buku-buku ?Pendidikan Anti Korupsi untuk Pelajar? yang diterbitkan oleh KPK. Ada juga Majalah Indonesia yang memiliki beberapa fasilitas tambahan (Add-ons), seperti Compass & Kiblat (penunjuk arah dan kiblat), Weather, Browser, dan Anotasi (membuat catatan, menebalkan teks, atau mencoret ketika membaca majalah). Berikutnya, ada Toko Buku yang memiliki berbagai jenis buku, mulai dari sastra, ilmiah, resep masakan, agama, anak, pendidikan, motivasi dan pengembangan diri, dan masih banyak lagi. Adapula Rekso Translator dan aplikasi Alkitab LAI.

Hingga saat ini Mahoni.com sudah mempunyai 77 aplikasi di App Store. Sebagai informasi, Mahoni sendiri berdedikasi di segmen document processing sehingga banyak aplikasi kami yang berhubungan dengan buku, majalah, dokumen, dan sebagainya.

Bagaimana proses kreatif dalam membuat salah satu aplikasi?
Dimulai dengan Tim Mahoni yang mengikuti perkembangan di luar serta memperkirakan apa yang akan menjadi tren ke depan. Dari sini, kami membuat analisis dan kalkulasi. Jika memungkinkan, segera kami proses.
?Kami ingin terus meningkatkan Aplikasi Buku BSE dengan installed base di atas lima juta dan memiliki konten buku di atas 10.000 buah. Ini cita-cita Mahoni untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik dan lebih murah?

Untuk kesulitan sendiri, umumnya berkaitan dengan masalah library scripts yang sangat minim sehingga memperlambat kinerja tim Mahoni. Bertanya di luar agak sulit sumbernya, sementara untuk bertanya ke Apple juga minim jawaban. Untuk ini, tim programmer kami rajin belajar dengan mencari info dari luar. Beruntung, sampai saat ini semua permasalahan bisa kami atasi sendiri.

Apa hal yang paling penting menurut Anda dalam mengembangkan aplikasi untuk para pengguna produk Apple di Indonesia?
Menurut saya, pengembang harus mengerti keperluan lokal sehingga dapat menciptakan aplikasi yang lebih tepat dan lebih khusus. Karena itulah, sampai saat ini aplikasi Mahoni kebanyakan diunduh oleh pengguna lokal karena memang didesain untuk sesuai dengan kebutuhan pengguna Apple di Indonesia.

Sampai saat ini, adakah cita-cita Mahoni yang belum kesampaian?
Kami ingin terus meningkatkan Aplikasi Buku BSE dengan installed base di atas lima juta dan memiliki konten buku di atas 10.000 buah. Ini cita-cita Mahoni untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik dan lebih murah.

Untuk mereka yang ingin mengunduh berbagai aplikasi buatan Mahoni, bisa datang mengunduh di mana?
Pengguna Apple (iPhone, iPad, dan iPod touch) bisa melihat mengunduh aplikasi-aplikasi buatan Mahoni.com dari http://bit.do/pGA4. Di sana, ada sekitar 77 aplikasi yang bisa diunduh secara gratis.(DW)

sumber :
http://poster.co.id/1796/mahoni-com-developer-app-yang-ingin-memajukan-pendidikan-indonesia

Offlinemargonotan

Newbie

Harus lebih banyak lagi developer seperti mahoni ini supaya indonesia lebih cepat maju lagi..