Edisi 38 / XIV - Otoplus
Pengaruh head cylinder lebih pas disebut sebagai basis performa power yang mampu dibangkitkan sebuah mesin motor bakar. Sebagai gambaran, Sobat pasti mengenal di roadrace ada kelas MP5 yang mewajibkan kepala silinder harus standar. Revisi hanya boleh dilakukan pada bahan valve seat dan valve guide alias bosh klep. Porting dan ukuran klep pun wajib standar. Hanya kem yang boleh dimodifikasi. Perhatikan pula, ketika jarak antar klep beserta geometrisnya menjadi pembatas spek kem. Terutama ketika saat overlap, apakah tepi kepala klep aman? Atau malah rawan saling berbenturan. Dan ingat pula bentuk kubah ruang bakar juga ikut membatasi tinggi overlap klep. Kan, kalau over, klep malah membentur ke muka seher. Jadi seberapa besar pengaruh head cylinder? Bagaimana mengolah kepala silinder supaya membawa pengaruh terhadap peningkatan performa motor? Simak ulasannya hanya di Tabloid OtoPlus edisi kali ini.
Download majalahnya di sini Aplikasi MAJALAH INDONESIA tersedia untuk iOS,Android,dan Windows