Edisi November / 2018 - InfoKomputer
Meski ruang simpan di smartphone terus bertambah, berapa banyak aplikasi yang benar-benar kita butuhkan dan kita unduh? Dan berapa lama aplikasi itu bisa bertahan di perangkat kita sebelum akhirnya kita uninstall? Menurut hasil survei comScore di Indonesia, hanya ada beberapa jenis aplikasi dengan reach cukup signifikan dan cukup lama dibuka oleh user: messaging dan media sosial. Artinya, masih adakah peluang bagi aplikasi lain untuk berada dalam genggaman dan perhatian user?
Hal ini menjadi penting bagi organisasi bisnis karena pengembangan aplikasi mobile, terlebih lagi aplikasi untuk enterprise, membutuhkan biaya yang cukup besar. Situasi ini diprediksi akan memunculkan fenomena super apps atau intelligent apps, seperti aplikasi populer Go-Jek, Tokopedia, atau Traveloka yang bertransformasi memuat beragam fungsi. Inilah aplikasi yang akan memampukan user menyelesaikan semua urusan melalui satu aplikasi saja. Pertanyaan selanjutnya tentu saja, siapakah yang akan meraih supremasi sebagai super apps? Selain itu, muncul juga dilema: bersaing dengan super apps atau menjadi bagian dari super apps?
Download Majalahnya di sini Aplikasi MAJALAH INDONESIA tersedia untuk iOS,Android,dan Windows