Author Topic: Fungsi Brosur Cetak Dalam Era Digital?  (Read 2303 times)

Offlinesaras008

Hero Member

Fungsi Brosur Cetak Dalam Era Digital?
| January 18, 2016, 11:40:56 AM
Fungsi Brosur Cetak Dalam Era Digital?
Januari 18, 2016 / by Santoso S / info@mahoni.com



Jelas brosur dan produk informasi masih diperlukan dalam pemasaran, pertanyaan yang sering timbul sekarang ini adalah, brosur cetak vs brosur digital yang mana lebih benar?
Kita semua mengetahui bahwa konsumen sekarang ini hari per hari makin meningkat membaca informasi lewat mobile phone dan digital tablet (aplikasi brosur seperti newstand lewat aplikasi mobile).
Beberapa perbandingan sbb:
                                  
- Harga/biaya (brosur cetak mahal) (brosur digital murah)                  
- Kemudahan distribusi (brosur cetak Harga Mahal) ( Brosur digital Murah)
- Kecepatan distribusi   (Brosur cetak lebih lambat) (Brosur digital lebih cepat)
- Dapat di email/sharing ( Brosur cetak lebih Sulit   ) (Brosur digital lebih mudah)      
- Keuntungan media social (Brosur cetak Tidak)      (Brosur digital  Ya/Mudah)

Dalam era digital ini, menyebar informasi via digital lebih murah, banyak perusahaan yang sangat di untungkan menjadi sukses karena mengunakan media digital dengan benar.
Informasi yang secara efektif dibuat dapat menyebar dengan begitu seketikan via email dan media sosial facebook dll menjadikan promosi yang sangat sukses dan berhasil. Ini sebelumnya tidak mungkin didapatkan via brosur cetak.
Sekarang ini dalam masa transisi, dimana cetak dan digital masih bercampur bahkan mungkin tetap diperlukan kedua-duanya, namun dalam3-5 tahun dari sekarang keuntungan brosur digital akan menjadi makin nyata.
Cetak akan menjadi makin hilang karena biaya yang mahal juga distribusi yang sangat terbatas. Dalam waktu beberapa tahun kedepan brosur digital bisa memiliki hyperlink (satu klik akan membawa langanan ke website and), dimana cetak tidak bisa demikian. Juga kemungkinan animasi dan berbagai keuntungan digital lain.

Oleh karena itu dengan semakin banyaknya pemakai digital gadget, semua perusahaan harus membuat strategi digital khusus untuk marketing ke segmen ini, perencanaan digital brosur, aplikasi newstand, dan konektivitas ke pemakai yang berkesinambungan. Memang ada proses belajar dalam dunia baru ini, sama seperti foto cetak telah tergantikan dengan foto digital (seperti facebook) maka hal yang sama akan terjadi dengan brosur, majalah dan berbagai media cetak lain... akan terkonversi menjadi digital.

Foto diatas diambil tahun 2015 dan terlihat jelas hampir semua browsing di mobile phone membaca informasi, bila brosur, marketing material anda tidak tersedia dalam format digital yang benar, maka hari per hari akan tertingal mundur. Plus social media sekarang menjadikan sharing format digital keharusan. Susun strategi digital anda, buat newstand perusahaan (pusatbrosur) dan mudahkan setiap konsumen untuk mendapatkan brosur anda kapan dan dimana saja. Rubah format dari web menjadi aplikasi agar lebih mudah dipakai oleh pemakai mobile phone yang mana merupakan segmen terbesar pasar sekarang ini. Apa pendapat anda? Silakan sharing informasi dan komentar dibawah ini.



Terima kasih.


« Last Edit: January 18, 2016, 03:24:12 PM by mahoni »