Author Topic: Bagaimana Cara Menerbitkan Buku Digital?  (Read 4498 times)

Offlinemahoni

Global Moderator

Sr. Member

Bagaimana Cara Menerbitkan Buku Digital?
| January 22, 2016, 05:04:44 PM
Bagaimana Cara Menerbitkan Buku Digital?

Waktu bergulir membawa banyak perubahan, begitupun dengan teknologi yang semakin membawa dampak baru berikut transformasi yang semakin berkembang. Rasanya, kita masih dibuat kagum dengan perubahan dari sebuah mesin ketik ke komputer,   
 
 

 

 
telegraph jadi telepon atau surat jadi email; dan semakin berjalan, semakin canggih saja penemuan-penemuan tersebut.

 
 

 
 

Meruncing ke transformasi di bidang TI, kehadiran komputer tablet saat ini pun semakin saja membuat kagum; tidak hanya hal-hal praktis yang bisa ditawarkan, tapi juga beberapa aplikasi di dalamnya yang memungkinkan penggunanya mengunduh begitu banyak ilmu baru dan informasi baru tentang apapun dan untuk kebutuhan apapun.  Salah satunya adalah Ebook. Ebook atau Electronic Book atau buku digital, adalah terobosan baru dari sebuah buku yang biasanya di cetak dalam lembar-lembar kertas, menjadi bentuk digital dan yang bisa diakses melalui komputer ataupun tablet.
 
 



 

 
Atas nama kemudahan, kepraktisan ataupun demi  mendukung kampanye green living, keberadaan buku cetak saat ini, mau tak mau akan semakin tergeser dengan adanya buku digital. Kenapa begitu?
 
Praktis. Tentu saja. Karena kita tidak bisa selalu membawa tumpukan buku di tas, saat kita bepergian bukan? Akan sangat repot rasanya. Tapi dengan tablet yang kita miliki, kita bisa download buku apapun dan bisa disimpan dalam file tersebut. Saat kapan saja dan dimana saja kita ingin membacanya, bisa langsung saja diakses.
Terjangkau. Kita bisa membandingkan harga buku cetak release terbaru di toko-toko buku terkemuka dengan harga ebook di aplikasi, bukan? Dalam hal ini, terjangkau adalah poin yang tepat bila ingin beralih membeli buku digital.
Lebih Luas. Menyambung dengan terjangkaunya harga ebook dari buku cetak, kemungkinan pengguna untuk mendownload ebook akan lebih luas lagi, berikut tema bacaan yang bisa di- unduhpun akan lebih banyak pilihan.
Eco Friendly. Kita mengerti bahwa buku dicetak menggunakan kertas, yang sebelumnya harus di proses sedemikian rupa dari serat-serat pohon. Akan sampai berapa lama lagi hal itu terjadi, dimana banyak orang juga terus mengkampanyekan bahwa Bumi membutuhkan lebih banyak pohon untuk tetap berdiri. Tapi dengan adanya buku digital, kita tetap bisa menikmati teknologi dengan ramah lingkungan.
Dari hal-hal tersebut, ide Kami sebagai developer aplikasi berkembang semakin optimis dan menjadi poin penting untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca buku ataupun majalah dengan lebih praktis, terjangkau dan ramah lingkungan.
Kami adalah Mahoni.com, sebuah perusahan yang bergerak sebagai developer profesional untuk Mobile Application dengan iOS dan Android sebagai platform operating systemnya. Perusahaan kami berdiri sejak 2009 dan sampai sekarang masih berupaya untuk tetap memberikan kontribusi terbaik melalui aplikasi yang sudah dan akan segera launching di App Store ataupun di Google Play.
Merujuk dari ide awal tentang bagaimana memanfaatkan ebook, sebagai media mendapatkan buku yang lebih terjangkau, atau menjadi suatu terobosan baru bagi kami dan anda, kamipun membuat aplikasi bertajuk Toko Buku.
Aplikasi Toko Buku adalah sebuah digital Newsstand yang berisi kumpulan buku-buku dari partner Mahoni.com yang telah memiliki Newsstand tersendiri ataupun buku dari partner penerbit atau penulis yang lain. Dalam aplikasi ini dimuat beberapa tema bacaan, yang telah lulus editorial dan layak untuk di jual di Toko Buku. Buku rohani, buku anak, komik, buku psikologi atau buku dengan tema lain ada dalam aplikasi ini.
Dalam aplikasi ini, secara detail, kami banyak memberikan fasilitas yang esensial bagi mereka yang telah download. Tak hanya buku dengan banyak pilihan bacaan, tapi Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti:
Background Musik, yang bisa didengarkan di kala membaca buku yang sudah di download. Terdapat beberapa pilihan musik yang bisa didengarkan, dan juga live streaming radio (online) yang bisa diakses tanpa keluar dari aplikasi.
Notes, disediakan dalam aplikasi ini, bila anda ingin membuat catatan apa saja seperti hasil rangkuman atau hal-hal penting dan langsung dapat share via email.
Browser, juga merupakan fitur tambahan (online) yang kami siapkan bila ingin langsung browsing internet seputar informasi yang sedang anda baca dalam buku dalam aplikasi, tanpa harus keluar dari aplikasi utama.
Anotasi, adalah fitur yang juga esensial yang bisa digunakan selama membaca buku yang sudah di download. Anda bisa menggarisbawahi, menyoret, menstabilo atau menulis di halaman buku yang sedang anda baca, langsung di tablet anda.
Dari ide yang kami buat, berikut fasilitas yang kami ciptakan melalui kehadiran Aplikasi Toko Buku ini, kami mengajak anda para penulis dan penerbit buku untuk bergabung bersama kami, untuk menjual dan mempromosikan hasil karya dan tulisan anda menjadi bagian dari Aplikasi Toko Buku.
Bagaimanakah caranya?
Mudah saja,
1.   Hubungi Mahoni.com melalui email, telpon ataupun ke kantor Mahoni.com   

Jakarta :
Komp. Graha Kencana #DM, Jl. Raya Perjuangan 88, Jakarta
Tel : +62215494049 | Fax : +62215494048

Surabaya :
Ruko Rungkut Megah Raya J-11, Jl. Raya Kali Rungkut No. 5 Surabaya
Tel : +62318702211 | Fax : +62318709727

2.   Kirimkan data buku anda; dari data yang terkirim, editor kami akan membaca dan menyunting apakah naskah tersebut bisa diterbitkan dan tidak mengandung unsur SARA, atau sesuai dengan konsep Toko Buku.

3.   Setelah editor kami menyatakan bahwa naskah tersebut bisa diterbitkan, penulis dan penerbit bisa mengirimkan naskah lengkapnya dalam bentuk pdf dan cover buku dalam bentuk .jpg, Selain itu, penulis atau penerbit memberikan deskripsi singkat atau sinopsis buku yang akan anda jual, beserta harga jual yang anda inginkan. Untuk harga jual, kami membebaskan anda untuk memberikan harga pada buku anda, tetapi kami juga akan memberikan usulan untuk harga kisaran yang sesuai App Store pada sebuah buku.

4.   Proses selanjutnya adalah mempersiapkan buku anda untuk online di aplikasi Toko Buku, dimana akan membutuhkan waktu kurang lebih waktu 7 hari sejak data final kami terima.

5.   Setelah buku anda online di aplikasi Toko Buku, maka buku anda sudah siap dijual, baik dari dalam dan luar negeri, langsung dari aplikasi Toko Buku.

6.   Laporan hasil penjualan buku anda akan dikirimkan setiap bulan, begitu juga dengan hasil penjualannya yang akan langsung di kirim ke rekening anda.

Keuntungan menjadi partner kami sebagai pemilik konten, penulis atau penerbit akan mendapat royalti sebesar 40% dari penjualan konten buku yang bergabung di aplikasi Toko Buku. Hasil tersebut bersamaan dengan hasil pembagian royalti untuk Mahoni.com sebagai developer mendapatkan 30%, dan 30% lagi akan di potong langsung oleh Apple Inc.
Profit sharing bagi Penulis/Penerbit
 


 

 
Anda sekarang bisa membayangkan, bahwa semua tulisan yang tadinya akan anda propose ke sebuah perusahaan penerbitan, dan masih harus menunggu lama untuk sunting data, revisi, dan akhirnya terbit di toko buku bisa dengan lebih mudah dan siap di jual di Aplikasi Toko Buku.
Bila dari 1 buku yang terjual akan menguntungkan anda dan kami, tidakkah anda berkeinginan untuk ?menjual; lebih banyak buku anda ke Toko Buku?
Dengan semakin banyaknya partner yang bergabung, maka akan semakin banyak pula buku digital yang bisa diakses dan didapat dengan mudah oleh mereka yang membutuhkan bahan bacaan yang berkualitas, namun bisa di dapat dengan mudah dan terjangkau.
Di sisi lain, anda dan kami akan tetap bisa diuntungkan untuk tetap mendapat hasil dari penjualan buku-buku yang di masukkan ke dalam aplikasi Toko Buku ini.
Besar harapan kami untuk anda bisa bergabung dan mari kita publish lebih banyak lagi ?buku? berkualitas dan terjangaku bagi mereka yang haus akan ilmu pengetahuan dan pengantar mimpi.
« Last Edit: January 22, 2016, 05:08:15 PM by mahoni »