Author Topic: Adaptasi UKM dan Digital Marketing  (Read 1162 times)

Offlinesaras008

Hero Member

Adaptasi UKM dan Digital Marketing
| June 09, 2016, 02:17:30 PM
Usaha Kecil Menengah di era digital ini harus pintar-pintar bersaing secara sportif. Digital membawa angin segar bagi mereka yang memiliki banyak ide kreatif. Cara-cara konvensional yang lama sudah banyak ditinggalkan. UKM Indonesia cukup paham tentang fenomena ini. Dari hal-hal sepele misalnya pada tahun 2000 kita masih sering berikirim pesan melalui sms. Seiring berjalannya waktu cara lama tersebut perlahan di gantikan dengan aplikasi bbm, whatsapp, periscope, dll. Perubahan akan selalu terjadi, kita tidak akan pernah bisa menolak perubahan tersebut. Change or you?ll die!
UKM, mulai dari furniture, handicraft, stone atau batu alam, pakaian, aksesories semuanya telah berubah sesuai tuntutan jaman. Kita ambil contoh UKM dibidang furniture. Mereka tak mampu menolak perubahan fenomena digital. Banyak kita temui UKM Furniture di Jepara, yang tadinya hanya membuka toko offline atau showroom, sekarang telah banyak ditemui website usaha furniture di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo! dan Bing. Sehingga mereka yang tak mempunyai showroom dengan harga sewa tanah yang mahalpun tetap mempunyai kesempatan sama untuk berbisnis furniture. Tak hanya itu dari studi kasus yang telah kami lakukan, perubahan model furniture juga terjadi, dari model klasik ukiran ke model modern minimalis. Dari digital mereka bisa memahami selera konsumen. Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari fenomena digital ini.





Masalah belum selesei ketika mereka sudah mempunyai website furniture. Justru ini adalah tugas awal untuk bagaimana bisa menampilkan website tersebut di halaman strategis Google sebagai mesin pencari. Dengan cara itu, makan website akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial yang kemudian berpeluang terjadi transaksi atau penjualan. Masalahnya memposisikan website di halaman satu Google itu tidak mudah, apalagi jika kata kunci yang ditargetkan termasuk kategori kata kunci dengan pencarian tinggi. Usaha untuk menaikkan website ke halaman satu Google sering dikenal dengan istilah optimasi SEO. (Anda bisa membaca pada artikel kami tentang SEO)



Apakah ada cara lain selain SEO mengingat persaingan SEO yang sangat ketat?
Tentu saja ADA. Anda bisa memanfaatkan media promosi furniture yang trafficnya tinggi. Anda bisa beriklan diportal tersebut sehingga banner promosi Anda akan bisa ditemukan oleh pelanggan baru. Portal seperti ini akan sangat menguntungkan bagi Anda dalam mendatangkan  traffic/ pengunjung ke website furniture personal Anda. Media promosi furniture di Indonesia yang sudah sangat kuat yaitu www.indonesia-furniture.com
Di portal media promosi khusus untuk furniture ini sudah mempunyai jumlah pengunjung yang tinggi. Mereka menyediakan 2 kategori member. Member standar dengan biaya yang relatif murah 2juta per tahun, banner Anda sudah bisa muncul selama satu tahun. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah jika dibandingkan media lain. Peruntungan yang menjanjikan bukan? Ada lagi member VIP seperti Republic Furniture, Wisanka, Aulia Jati Furniture yang sudah merambah pasar internasional pun memilih untuk bergabung menjadi member Indonesia-furniture.
Mau tahu detailnya, silakan klik tautan http://www.indonesia-furniture.com/

By Ita Mahoni

Offlinetania

Newbie

Re: Adaptasi UKM dan Digital Marketing
Reply #1 | November 20, 2019, 01:00:13 PM
Cukup menarik pembahasannya mengenai digital marketing ini, kebetulan saya juga saat ini lagi cari-cari referensi untuk belajar digital marketing. Oiya btw, bagaimana perkembangan website itu sekarang?

Saat ini saya coba bangun bisnis juga berbasis optimasi website via digital marketing, mudah-mudahan bisa ikut bersaing dan meramaikan bisnis bidang ini.