Author Topic: 10 Makna Dari Nama Brand Besar di Dunia  (Read 417 times)

Offlineliayuyun

Newbie

10 Makna Dari Nama Brand Besar di Dunia
| February 08, 2018, 09:17:11 PM
Sudah tidak jarang ditemui bahwa saat konsumen membeli produk mereka bisa salah menyebut merek. Atau menggunakan merek sebagai nama untuk jenis produk yang sama, meskipun yang dibeli bukan merek yang disebutkan.

Hal ini disebabkan oleh brand awareness yang begitu kuat melekat di dalam benak konsumen. Apakah yang dimaksud dengan brand awareness? Brand awareness adalah kemampuan khalayak dalam mengenali dan mengingat sebuah brand.

Jika khalayak luas sudah mampu mengingat dengan jelas brand tersebut, maka dapat dikatakan nama brand / bisnis tersebut berhasil. Dengan berhasilnya brand awareness, maka kepercayaan khalayak terhadap produk tersebut juga otomatis meningkat.

Berikut ulasan terhadap 10 nama brand besar yang sukses melekatkan citra mereka ke benak masyarakat.

1.   Google
Semua pengguna internet pasti pernah menggunakan Google untuk mencari informasi. Tapi apakah anda tahu arti nama Google? Awal mulanya perusahaan search engine ini bernama Backrub. Lalu dua orang sarjana Universitas Standford, Sergey Brin and Lawrence Page ingin menggantinya dengan kata Googol yang berarti 10 pangkat 100. Tapi ternyata mereka menuliskannya dengan ejaan yang salah, yaitu Google. Meskipun begitu nama Google tetap dipakai hingga saat ini.

2. Microsoft
Semua orang pasti familiar dengan Microsoft. Pengguna komputer pasti sering menggunakannya seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dan sebagainya. Tapi tahukah anda apa artinya? Nama Microsoft diambil dari kata "microprocessor" dan "software" yang mencerminkan misi perusahaan untuk menyediakan berbagai macam software atau perangkat lunak untuk komputer.

3. Adobe
Familiar dengan brand Adobe? Adobe adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yang paling besar di dunia, bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Ternyata nama Adobe berasal dari kata "Adobe Creek" yakni nama sungai yang mengalir di belakang rumah co-founder Adobe, John Warnock.

4. Facebook
Sosial media yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini begitu digemari oleh orang di seluruh dunia. Apa sih makna dari Facebook? Nama layanan ini ternyata berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain.

5. HP
Produk komputer, laptop, printer, dan scanner dengan nama HP tentunya sudah dikenal oleh masyarakat luas. Tapi ada yang penasaran tidak dengan arti nama HP? Ternyata arti nama HP adalah Hewlett-Packard, yang diambil dari nama pendirinya sendiri William Hewlett dan David Packard.

6. Nike
Ada yang belum tahu produk sport dengan merk Nike? Nike awalnya memproduksi sepatu berlari. Design dan kualitasnya begitu digilai banyak orang. Nama Nike diambil dari mitologi Yunani kuno yang merupakan dewi kejayaan dengan simbol "swoosh" yang sangat terkenal itu. Dalam mitologi Yunani, dewi Nike disimbolkan memiliki kemampuan terbang dan berlari.

7. Adidas
Adidas, sebuah perusahaan sepatu asal Jerman juga mempunyai arti khusus. Pada tahun 1924, Adi Dassler dan saudaranya Rudolf Dassler mendirikan ?Dassler Brothers OGH?. Namun karena terlibat konflik, keduanya berpisah. Adi Dassler pun menamai usaha sepatunya tersebut dengan nama Adidas, yang merupakan singkatan dari namanya sendiri.

8.   Reebok
Reebok juga merupakan salah satu brand sepatu yang sangat terkenal di dunia. Pada mulanya Reebok bernama Joseph William Foster, sesuai dengan nama pendirinya. Namun kemudian cucunya menemukan kata "grey-rhebok" pada kamus Afrika Selatan yang artinya adalah Antelope. Perusahaan tersebut pun berganti nama dengan brand Reebok.

9.   H&M
Bagi anda penyuka fashion nama H&M tentu sudah tak asing lagi. Perusahaan fashion retail ini menduduki peringkat kedua setelah Inditex (perusahaan retailer Zara). Arti nama H&M adalah, untuk huruf H diambil dari nama toko fashion Erling Persson yang bernama ?Hennes?. Kemudian karena Hennes membeli retailer pakaian Mauritz Widforss yang menjual koleksi pakaian pria, nama toko Erling Persson pun diubah menjadi Hennes & Mauritz atau yang disingkat H&M.

10. IKEA
Siapa yang tidak mengenal IKEA? Perusahaan furniture berkualitas asal Swedia ini belakangan popularitasnya mulai melesat naik. Pasti banyak yang bertanya-tanya apa sih arti dari IKEA? Ternyata IKEA adalah singkatan beberapa kata, yaitu dari nama sang pendirinya "Ingvar Kamprad", lalu kata "Elmtaryd", tempat di mana ia tumbuh, dan "Agunnaryd", sebuah desa kecil yang berada di bagian selatan Swedia.

Referensi