TENTANG SASTRA : Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya
Emzir, Saifur Rohman, Andri Wicaksono (Ed.)
Buku ini disusun berdasarkan tingkat kepentingan dan keberartian materi yang notabene sudah menjadi kenyataan pada pengkajian sastra di masa kini. Bagian awal buku ini dimulai dengan pengantar sastra; di dalamnya memuat jenis karya sastra, yaitu sastra imajinatif dan non-imajinatif.
Selanjutnya, masuk pada bagian inti, berturut-turut membahas berbagai hal tentang pendekatan kajian sastra yang terdiri dari: hakikat, fungsi, tujuan, dan ruang lingkup telaah sastra; teks dan genre sastra (puisi, fiksi, drama, dan film); periodisasi sastra (sastra historis); pendekatan sastra (berorientasi pada teks, pengarang, pembaca, dan konteks); formalisme rusia dan new criticism; strukturalisme dan naratologi; retorika, fenomenologi, dan resepsi sastra; postrukturalisme, dekonstruksi, dan posmodernisme; strukturalisme genetik dan semiotik; studi kolonial, poskolonial, dan transnasional; psikoanalisis dan psikologi sastra; feminisme dan gender sebagai teori sastra; serta intertekstualitas dan sastra bandingan.
Setelah beberapa bab berkutat pada pemaparan teori dan konsep sastra serta pendekatan kajian, bagian terakhir membahas mengenai pembelajaran sastra di sekolah; di antaranya memaparkan secara teoretik dan aplikatif terkait pembelajaran apresiasi puisi di sekolah, logika imajinatif cerpen dan novel dalam pengajaran sastra, dan apresiasi drama (struktur - pembelajaran).
Aplikasi TOKO BUKU tersedia untuk iOS,Android,dan Windows