Author Topic: Ingin Tidur Lebih Nyenyak ? Lakukan Beberapa Hal Berikut  (Read 1936 times)

Offlinesaras008

Hero Member

Hidup di jaman modern dengan beribu aktivitas menumpuk, dan mobilitas tinggi menuntut kaum modern untuk hidup dengan kualitas hidup yang tinggi, ditunjang dengan pola hidup yang sehat untuk menyeimbangkan dengan padatnya aktivitas. Jika tidak, tidak hanya terhambatnya proses aktivitas, namun juga kesehatan. Salah satu penunjang gaya hidup sehat adalah dengan mengatur jam tidur malam yang cukup. Namun, karna kaum modern hidup di tengah dunia digital, dimana semua aktivitas hampir tidak bisa terlepas dari gadget dan barang elektronik lainnya, untuk itu, berikut akan didiskusikan beberapa tips untuk menunjang kualitas tidur anda,





1. Matikan Gadget anda satu jam sebelum tidur

Study membuktikan, bahwa paparan cahaya yang berlebihan pada gadget anda akan menstimulus kerja mata lebih berat, sehingga jika anda menginginkan waktu tidur yang lebih berkualitas, matikan gadget dan jauhkan mata anda dari paparan sinar gadget sejam sebelum tidur, sehingga kerja mata anda lebih ringan dan memudahkan mata dan otak untuk lebih relax.

2. Mandi Malam
Memang terkesan klise untuk mandi malam, mitos menjelaskan bahwa mandi malam dapat meningkatkan beberapa resiko penyakit, namun jika mandi malam di bawah jam 9 malam, akan membuat tubuh lebih santai sehingga saraf pada tubuh memberikan sinyal ke otak untuk menjadikan pikiran dan tubuh lebih relax.

3. Kurangi caffein
Sangat penting untuk tidak mengkonsumsi minuman jenis kafein pada waktu dua jam sesudah tidur, karna kandungan zat pada kafein dapat menambah fokus kerja otak.

4. Membaca Buku
Dengan membaca buku dengan bacaan ringan akan mempermudah kerja otak untuk lebih relax dan lebih mudah mengantuk.

5. Matikan lampu
Study membenarkan bahwa tidur dengan keadaan lampu mati merupakan keadaan terbaik untuk tidur pulas, karna dengan menimalisir  cahaya, Tidur dengan mematikan lampu memberikan perasaan nyaman dan rileks saat tidur, alhasil tubuh dan pikiran akan benar-benar dalam kondisi sepenuhnya tidur (istirahat) yang berkualitas.

Berdasarkan laporan dari hasil penelitian Ohio State University Medical Centre, menyatakan bahwa tidur dengan keadaan lampu yang menyala berakibat buruk pada perubahan struktur pada otak, serta menyebabkan depresi.

Peneliti dari Ohio State University melakukan percobaan terhadap hamster yang terus menerus diberikan lampu pada malam hari. Hal tersebut membuat si hamster menunjukkan tanda-tanda depresi. Dan semua gejala depresi pada hamster  akan hilang dalam dua pekan, setelah si hamster tidur di malam hari dengan lampu mati.


Nah, sekarang sudah siapkah anda memiliki kualitas tidur dengan baik?


Article by : Saraswati