Author Topic: Bisnis Buku Cetak Meredup, Ini 3 Tantangan Buku Digital  (Read 10031 times)

Offlinesatyana

Jr. Member

Bisnis Buku Cetak Meredup, Ini 3 Tantangan Buku Digital

JAKARTA - Seiring dengan kemajuan teknologi informatika, bisnis buku cetak diperkirakan turun 2-3 tahun lagi dan digantikan oleh buku digital, meskipun pertumbuhan penjualan buku cetak dari Mizan Publika  naik sekitar 40% per tahun, kata salah seorang pendiri Mizan.

President Director Mizan Publika Haidar Bagir mengatakan sekarang  penjualan buku cetak masih tumbuh, namun seiring dengan perkembangan digital, maka posisi buku cetak bisa menurun. Dia menduga bisnis buku cetak akan turun 2-3 tahun lagi.

Adanya kemajuan teknologi, langkah baru dari Mizan Group mendirikan Mizan Digital Publishing yang menerbitkan dan memasarkan konten digiyal melalui berbagai media dan perangkat. Dan yang baru diluncurkan yaitu Mizan Digital Initiative yang menjadi ujung tombak untuk mengharungi masa depan perusahaan tersebut. "Ini baru proyek rintisan," kata Haidar disela-sela peresmian peluncuran Mizan Digital Initiative.

Waktu ditanya tantangan yang dihadapi dalam bisnis buku digital, Haidar menyebutkan ada tiga tantangan utamanya.

Pertama, adalah pembelian buku yang tidak syah. Untuk mengatasinya, pihaknya melengkapi sistemnya dengan digital rights management (DRM).

Kedua payment yang ada beberapa sistem yang belum populer.

Ketiga adalah persoalan kepercayaan orang berbelanja di online.

Untuk menjual buku digital Mizan, kata Haidar, dapat di toko online, google store, dan play store.

sumber :
http://www.kabar24.com/bisnis/read/20140912/11/229762/bisnis-buku-cetak-meredup-ini-3-tantangan-buku-digital?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&dlvrit=1378317