Apa bedanya menantang dengan mencari penantang? ?Menantang? berarti ia hadir di saat situasi sudah terkondisi menjadi sebuah tantangan bagi siapapun, brand baru atau kawak. Sementara ?Mencari Penantang?, ia hadir sebagai pembaru pada situasi yang ia ciptakan. Artinya ia pionir. Jadi wajar bila Xiaomi (atau pula rekanan distributor di Indonesia) tidak memilih seri Mi3 atau bahkan Mi4 ke negeri ini. Kondisinya seolah ingin dibuat, Xiaomi masuk perlahan 2 dengan produk yang berkualitas prima, tetapi dengan melihat kebutuhan dan besaran konsumen lokal. Harga lalu dipatok. Ketemulah angka Rp1,5 jutaan. Sekadar tahu saja, di Singapura sedikit lebih mahal. Tetapi di India selisih 200an ribu lebih murah. Berapapun angkanya, selama di kisaran 1,5 jeti, jelas bikin brand global deg-degan, juga bikin brand lokal musti lakukan jurus ubah banderol. Cukup dengan satu produk, seri Redmi 1S, sebagai pendobrak produk smartphone kelas mid, tetapi harga low. Redmi 1S sekaligus tes pasar untuk cari impresi terhadap brand Xiaomi.
Majalah SINYAL No. 206 (12-25 September 2014) sudah tersedia di Aplikasi Majalah Indonesia.
Download di
http://Majalah.id